8 Film Action Berbiaya Murah, tapi Cuan Gede di Box Office

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:19 WIB
loading...
8 Film Action Berbiaya Murah, tapi Cuan Gede di Box Office
Film action dengan biaya murah atau di bawah USD60 juta sering kali membuat kejutan di box office. Film-film ini mampu bersaing dengan genre sejenis yang mahal. (Foto: Letterboxd)
A A A
Film action dikenal dibuat dengan biaya fantastis. Tak jarang, film itu dibuat dengan anggaran lebih dari USD100 juta (Rp1,5 triliun). Adegan action kelas wahid dan juga special effect yang dipakai serta terlibatnya bintang tenar membuat film-film itu memakan biaya besar.

Banyak film ini yang kemudian mendulang keuntungan besar di box office. Sebagian bahkan mampu mengembalikan beberapa kali lipat modalnya begitu dirilis di bioskop. Tapi, tidak semua film action terbaik dibuat dengan biaya USD100 juta atau lebih.

Sejumlah film yang dibuat dengan dana murah, di bawah USD60 juta (Rp919,8 miliar), mampu unjuk gigi di box office. Bahkan, di antaranya ada yang memecahkan rekor. Film-film itu juga mendapatkan respons yang baik dari kritikus dan juga audiens. Meski, ada yang terasa underrated. Film action apa saja yang dibuat dengan biaya murah tapi untung besar di box office? Simak ulasannya berikut!



8. The Raid — 2011

8 Film Action Berbiaya Murah, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Polygon

Secara pendapatan, The Raid memang tidak besar. Film itu hanya meraup USD9,3 juta. Tapi, sampai sekarang, The Raid masih menjadi bahasan dan terus direkomendasikan sebagai film action terbaik yang pernah dibuat.

The Raid dibuat dengan anggaran yang sangat kecil untuk film action berkelas, yaitu USD1 juta. Tapi, sutradara Gareth Evans mampu memaksimalkan anggaran sekecil itu untuk menampilkan aksi laga yang begitu memukau kritikus dan penonton. Film ini juga membuka pintu ke Hollywood bagi Iko Uwais, Joe Taslim, Cecep Arif Rahman, dan Yayan Ruhian.

7. Terminator — 1984

8 Film Action Berbiaya Murah, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Ultimate Classic Rock

Jauh sebelum James Cameron tampil sebagai sutradara yang selalu membuat film dengan biaya fantastis, dia pernah membuat film dengan dana minim. Salah satunya adalah Terminator. Film ini sudah diragukan studionya akan sukses di box office sampai mereka menolak menambah dana untuk pembuatannya.

Tapi, James sangat percaya diri. Dia bahkan tak segan merogoh koceknya sendiri untuk membiayai film tersebut. Dengan anggaran USD6,4 juta, James membesut film yang akhirnya menjadi titik awal sebuah franchise action legendaris di dunia. Film itu melawan semua keraguan dari studio pembuatnya, Orion Pictures, dengan meraup USD78,3 juta.

6. Mad Max — 1979

8 Film Action Berbiaya Murah, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: IMDb

Mad Max menjadi salah satu contoh betapa sebuah film action yang bagus tidak perlu memakan biaya besar. Pada tahun itu, ketika banyak film dibuat dengan biaya jutaan dolar, Mad Max dibuat dengan dana yang ramah di kantong, yaitu USD200.000. Meski begitu, film itu meledak di box office dan meraup USD100 juta.

Film yang dibintangi Mel Gibson itu berlatar di Australia di masa depan dystopian. Di film itu, dunia telah jatuh dalam perang, kelaparan, dan kekacauan keuangan akibat habisnya minyak bumi. Di Australia, seorang polisi berusaha balas dendam terhadap geng motor yang telah membunuh anak dan istrinya.

5. Atomic Blonde — 2017

8 Film Action Berbiaya Murah, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Vulture

Ketika hendak dirilis, Atomic Blonde dipasarkan sebagai John Wick versi cewek. Film ini menampilkan Charlize Theron sebagai Lorraine Broughton, seorang mata-mata MI6 yang punya skill luar biasa. Disutradarai David Leitch, orang hanya bisa berharap adegan action kelas wahid yang sangat menghibur.

Meski tidak mendapatkan respons baik dari kritikus dan audiens, Atomic Blonde tetap mampu meraup USD100 juta di box office. Angka itu sudah sangat bagus bagi film ini mengingat biaya produksinya yang juga minim. Film itu dibuat dengan anggaran USD30 juta.

4. Looper — 2012

8 Film Action Berbiaya Murah, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: NPR

Looper mencampurkan action dengan science-fiction dan thriller yang membuat penonton enggan memalingkan mata dari layar. Film yang disutradarai Rian Johnson ini menampilkan Joseph Gordon-Levitt dan Bruce Willis dalam sebuah cerita dengan twist yang tidak mudah dipahami. Film ini berlatar belakang masa depan di mana protagonisnya dikirim ke masa depan dan bertemu versi tuanya.

Film ini mendapatkan rating tinggi di Rotten Tomatoes, yaitu 93%. Menariknya, film seru ini dibuat dengan anggaran yang lumayan minim untuk ukuran film dengan bintang terkenal, yaitu USD30 juta. Meski begitu, penonton menyukai film ini dan menilainya sebagai salah satu film action terbaik sepanjang masa. Di box office, film itu meraup pendapatan USD176,5 juta.

3. Baby Driver — 2017

8 Film Action Berbiaya Murah, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: The Guardian
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)