alexa snippet

Akhir Pekan Ini Empat Daerah Selenggarakan Pilkada Susulan

Akhir Pekan Ini Empat Daerah Selenggarakan Pilkada Susulan
Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay. (SINDOphoto)
A+ A-
JAKARTA - Akhir pekan ini 20 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di empat daerah akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) susulan serta ulang. Kesepekatan ini diambil setelah TPS di daerah tersebut gagal atau terjadi pelanggaran proses pemungutan suara.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay menyebut, 20 TPS di empat daerah yang akan menyelenggarakan pilkada susulan dan ulang antara lain Yapen (Papua) 2 TPS pada 18 Februari, Buol (Sulawesi Tengah) 2 TPS pada 19 Februari, Kabupaten Tangerang (15 TPS) 19 Februari serta Halmahera Tengah (1 TPS) 19 Februari.

“Khusus untuk Tolikara (Papua), dua Distrik di Karubaga (4 TPS) dan Distrik Konda (13 TPS) hari ini dilakukan pemungutan suara susulan,” ujar Hadar di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Hadar menyebut ada satu daerah yang baru mendapat rekomendasi panwas untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) yaitu Jayapura (Papua). Meski demikian, pihaknya tengah mengklarifikasi hal tersebut lebih lanjut.

“PSU-nya itu di TPS di Kampung Simporo. Kami belum tahu apakah tambah ini atau tidak,” kata Hadar.

Hal yang sama juga dialami Barito Selatan (Kalimantan Barat), lanjut Hadar belum ada kepastian kapan PSU dilaksanakan. “Belum jadi dilaksankan PSU, belum ada kepastian,” tambahnya.

Seperti diketahui, pilkada yang semestinya diselenggarakan pada 15 Februari lalu tidak sepenuhnya bisa diselenggarakan di sejumlah TPS di beberapa daerah di Indonesia. Penyebabnya bervariasi mulai dari petugas KPPS yang tidak datang ke TPS (Tolikara), penahanan terhadap logistik yang harusnya dikirim ke TPS (Tolikara), logistik yang tertunda (Kep Sangihe), faktor cuaca (Manokwari) serta kekurangan surat suara (Mappi).

“Untuk Sangihe, Buton dan Buton Tengah sudah dilakukan 16 Februari. Adapun Buleleng sudah dilaksakan langsung hari itu juga (pada 15 Februari),” tukasnya.
(kri)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top