alexa snippet

Kartu Pariri dan Bariri Bentuk Sinergitas Program Sosial Pemerintah

Kartu Pariri dan Bariri Bentuk Sinergitas Program Sosial Pemerintah
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa. Foto/Dok/Humas Kemensos.
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah pusat mendukung langkah Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat menerbitkan Kartu Pariri dan Bariri. Kartu ini diterbitkan untuk mengatasi persoalan kemiskinan sekaligus pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Kartu Pariri diperuntukkan masyarakat lanjut usian (lansia) dan penyadang disabilitas. Sementara Kartu Bariri merupakan bantuan langsung berupa permodalan usaha tanpa bunga, bantuan alat tangkap ikan untuk nelayan, dan lain sebagainya.

"Jadi mereka yang belum terjangkau program pemerintah pusat bisa dijangkau oleh pemerintah daerah. Sinergitas pusat dan daerah seperti ini semakin mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah," ujar Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa melalui siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (17/2/2017).

Dia menambahkan, Kartu Pariri yang berfungsi sebagai jaring pengaman sosial bagi lansia dan disabilitas adalah yang pertama di Indonesia. Kartu Bariri, kata dia berfungsi sebagai sarana pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. (Baca: Mensos Ditunjuk Jadi Juri Pahlawan untuk Indonesia 2016)

"Saya berharap apa yang dilakukan Sumbawa Barat bisa menular ke kabupaten/kota lain di Indonesia. Minimal di Provinsi NTB," ucapnya.



(kur)
loading gif
Top