alexa snippet

Mabes Polri Klaim Secara Umum Pilkada Serentak 2017 Berjalan Kondusif

Mabes Polri Klaim Secara Umum Pilkada Serentak 2017 Berjalan Kondusif
Karo Penmas Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto. (SINDOnews/Isra Triansyah)
A+ A-
JAKARTA - Mabes Polri membeberkan sejumlah gangguan keamanan yang terjadi dalam Pilkada Serentak 2017 di 101 wilayah di Indonesia. Salah satu gangguan tersebut terjadi di Gorontalo.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, ada simpatisan pasangan calon kepala daerah membakar meja dan laptop di rumah pasangan calon lainnya.

"Orangnya berhasil ditangkap, sekarang sedang diproses hukum," ujar Rikwanto di Kompleks Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017).

Selain itu, beber Rikwanto, polisi juga berhasil menghalau konvoi salah satu pasangan calon kepala daerah di Aceh. Polisi membubarkan konvoi guna mencegah gesekan dengan pendukung paslon lainnya.

Masih kata Rikwanto, selama proses pilkada serentak Polri menerima 255 laporan/temuan. Laporan/temuan itu paling banyak terjadi pada masa kampanye yakni 178.

Dari total laporan/temuan itu, ada 12 kasus yang diteruskan ke proses penyidikan tindak pidana pemilu. Dari 12 kasus itu, sembilan kasus di antaranya sudah masuk proses tahap dua.

Meski terdapat berbagai kendala dan gangguan, Rikwanto menyebutkan pilkada serentak yang digelar hari ini berlangsung aman. "Secara umum situasi kondusif," ucap Rikwanto.



(kri)
loading gif
Top