Hasil Investigasi: Tim Polri Tak Terlibat Penyelundupan Senjata di Sudan

Jum'at, 10 Februari 2017 - 17:38 WIB
Hasil Investigasi: Tim Polri Tak Terlibat Penyelundupan Senjata di Sudan
Hasil Investigasi: Tim Polri Tak Terlibat Penyelundupan Senjata di Sudan
A A A
JAKARTA - United Nations African Mission in Darfur (Unamid) dan otoritas Sudan telah melakukan investigasi kasus penyelundupan senjata api yang dituduhkan terhadap pasukan perdamaian Polri di negara tersebut.

Dari hasil investigasi menyatakan pasukan Polri yang tergabung dalam Formed Police Units (FPU) VIII tidak terbukti menyelundupkan senjata api di Bandara Al Fashir, Sudan.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto, hasil investigasi yang juga melibatkan pihak Indonesia itu tidak ditemukan adanya indikasi senjata api tersebut milik kontingen Indonesia.

"Sudah enggak ada masalah. Memang tidak ditemukan indikasi itu punya kita," kata Rikwanto di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017).

Rikwanto menambahkan, saat ini Tim FPU VIII berada di Camp Garuda. Mereka masih menunggu proses administrasi pemulangan dari Sudan ke Tanah Air.

"Pihak Unamid sampai kepada di PBB masih membuat laporan administrasi. Itu yang membuat agak lama prosesnya," ucap Rikwanto. (Baca Juga: Polri dan Kompolnas Bantu Usut Penyelundupan Senpi di Sudan )

Kendati tidak menemukan bukti senjata api itu milik kontingen Indonesia, lanjut Rikwanto, Unamid bersama dengan otoritas Sudah masih mendalami asal muasal senjata api yang sebelumnya disangka milik FPU VIII.

"Oleh pihak Sudan sedang dicari (senjata) itu punya siapa," ucap Rikwanto.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4743 seconds (0.1#10.140)