Penjelasan Bachtiar Nasir soal Dugaan TPPU Yayasan Keadilan untuk Semua

Jum'at, 10 Februari 2017 - 14:36 WIB
Penjelasan Bachtiar Nasir soal Dugaan TPPU Yayasan Keadilan untuk Semua
Penjelasan Bachtiar Nasir soal Dugaan TPPU Yayasan Keadilan untuk Semua
A A A
JAKARTA - Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bachtiar Nasir menjelaskan ihwal dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang disangkakan kepada Yayasan Keadilan untuk Semua.

Bachtiar mengatakan, dana yang digalang oleh Yayasan Keadilan untuk Semua diperuntukkan untuk kepentingan Aksi Bela Islam. Bachtiar menyebutkan uang tersebut disumbangkan secara sukarela oleh umat.

"Ya namanya kita mau ada aksi. Kemudian umat tahu. Anda tahu kan orang Indonesia yang bersedekah lillahita'ala. Pokoknya kepentingan mereka ke ahirat saja," ujar Bachtiar di Gedung Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2017).

Bachtiar menekankan agar semua pihak tidak semata menyoroti persoalan penggalangan dana yang dilakukan yayasan. Menurutnya, penggalangan dana tidak bisa dilepaskan dari sudut pandang Aksi Bela Islam, yang dilakukan hingga beberapa jilid itu.

"Jadi framenya itu. Jangan dilihat semata-mata uangnya saja. Ini ada umat Islam sangat ingin membela agamanya," ucap Bachtiar.

Dilanjutkan Bachtiar, selaku panitia yang bersifat adhock, GNPF merasa kesulitan bila harus membuat rekening bank untuk kepentingan penggalangan dana aksi. Opsi melakukan kerja sama antara GNPF dan Yayasan Keadilan untuk Semua akhirnya ditempuh.

Kerja sama antara dua belah pihak, kata Bachtiar, dilakukan secara lisan. "Sebetulnya sudah ada draft agreementnya. Karena percepatan, umat sudah menunggu, akhirnya bukalah rekening itu," ucap Bachtiar.

Sebelumnya, berdasarkan data Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Bareskrim menemukan adanya penyimpangan dana dari Yayasan Keadilan untuk Semua.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7878 seconds (0.1#10.140)