Khasiat Surat At-Taghabun, Salah Satunya Terlindung dari Tipu Daya Pejabat

Kamis, 17 Agustus 2023 - 19:40 WIB
loading...
Khasiat Surat At-Taghabun, Salah Satunya Terlindung dari Tipu Daya Pejabat
Barangsiapa  yang membacanya  lalu  dia  menemui penguasa (pejabat) maka dia akan terlindung dari tipu dayanya. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat At-Taghabun , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, barangsiapa yang membacanya lalu dia menemui penguasa (pejabat) maka dia akan terlindung dari tipu dayanya.

Dalam kitab Tafsirul Burhan juga dinyatakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “Barangsiapa yang membacanya, maka Allah akan menghindarkannya dari mati secara tiba-tiba, dan barangsiapa yang membacanya, ia menghadap penguasa yang zalim, maka Allah akan menghalangi keburukan penguasa itu darinya dan tidak akan sampai kepadanya.”

Sedangkan dalam kitab Tsawabul A’mal disebutkan bahwa Abu Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat At-Taghabun di salat fardunya, maka surat ini dapat menjadi penolong baginya di hari kiamat, menjadi saksi yang adil ketika dimintai kesaksian, lalu ia tidak akan meninggalkan pembacanya hingga masuk surga.”

At-Taghabun artinya adalah “hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan”. Surat ini terdiri atas 18 ayat, termasuk dalam golongan surat Madaniyyah, dan diturunkan setelah Surat At-Tahrim . Ia diberi nama Surat At-Taghabun, karena merujuk pada lafaz at-taghabun yang terdapat pada ayat 9.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)