Jangan Tertipu, Ini Cara Mudah Cek Foto Asli atau Editan 

Kamis, 17 Agustus 2023 - 19:35 WIB
loading...
Jangan Tertipu, Ini Cara Mudah Cek Foto Asli atau Editan 
Foto editan bisa diidentifikasi dari sisa-sisa objek yang dihapus, seperti potongan tangan di bahu wanita. (Foto: Makeus.com)
A A A
JAKARTA - Dunia maya penuh dengan kepalsuan alias hoaks. Tidak perlu ilmu khusus, ini cara mudah untuk mengecek foto asli atau editan.

Aplikasi penyuntingan atau edit foto dapat diakses secara mudah. Bahkan, dari smartphone, proses penyuntingan bisa dilakukan.

Awalnya, kehadiran teknologi ini untuk memudahkan pengguna membagikan hasil jepretan ke sosial media. Namun, belakangan sering disalahgunakan. Terbukti, di dunia maya banyak bertebaran foto- foto hoaks hasil editan disertai narasi menyesatkan.

Nah, tak ada salahnya melakukan pencegahan dengan bekal pengetahuan cara cek foto asli atau editan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya, Kamis (17/8/2023).



Cara Cek Foto Asli atau Editan

1. Cek dengan Google Lens

Cara cek foto asli atau editan bisa memanfaatkan aplikasi Google Lens di smartphone. Pertama unduh dan buka aplikasinya. Arahkan kamera ke foto yang diduga hoaks atau unggah dari galeri apabila gambar sudah disimpan.

Dari situ, Google Lens akan memberikan referensi hasil pencarian yang mirip foto tersebut. Tinggal klik dan baca informasinya untuk menentukan foto tersebut asli atau tidak.

2. Cek dengan Reverse Image di Google
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3257 seconds (0.1#10.140)