3.500 Mahasiswa Baru Semarakkan Upacara HUT ke-78 RI di Untar

Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:31 WIB
loading...
3.500 Mahasiswa Baru Semarakkan Upacara HUT ke-78 RI di Untar
3.500 mahasiswa baru Universitas Tarumanagara (Untar) menyemarakkan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-78 RI di kampus Untar. Foto/YouTube Untar.
A A A
JAKARTA - Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar Upacara Bendera Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI), Kamis (17/8/2023). 3.500 mahasiswa baru Untar turut menyemarakkan peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini.

Rektor Untar Prof Dr Ir Agustinus Purna Irawan mengatakan, pada Kamis, 17 Agustus 2023 ini bersamaan dengan berakhirnya rangkaian orientasi mahasiswa baru Untar sehingga semua mahasiswa baru pun dikerahkan untuk menjadi peserta upacara bendera.

"Biasanya upacara hanya perwakilan saja, saya minta untuk semua datang. Jadi hari ini 3.500 mahasiswa baru hadir. Totalnya semua yang upacara di sini sekitar 4.000 orang," katanya usai upacara, dalam keterangan resmi, Kamis (17/8/2023).

Baca juga: Kisah Kartika, Anak Penjual Bubur Kacang Ijo Tembus Kedokteran Unair dengan KIP Kuliah

Prof Agustinus menjelaskan, pada orientasi kampus, para mahasiswa baru ini juga diberikan pendidikan mental kebangsaan dan ditambah dengan upacara Proklamasi Kemerdekaan ini diharapkan akan tumbuh semangat nasionalisme di generasi muda.

"Sehingga nanti saat mereka sudah masuk perkuliahan mereka sudah mempunyai visi keindonesiaan," harap Prof Agustinus Purna Irawan.

Dia menuturkan, peringatan upacara bendera HUT ke-78 Ri ini adalah sebagai momen perenungan kembali nilai-nilai kemerdekaan yang sudah diperjuangkan sehingga generasi muda pun kelak juga bisa memberi kontribusi kepada bangsa.

"Anak-anak terdidik ini bisa mengisi kemerdekaan, mempersiapkan Indonesia Emas 2045. Saya kira itu menjadi kata kunci agar anak-anak bersiap mencapai Indonesia Emas 2045," ucapnya.

Baca juga: Mahasiswa Kalbis Sabet Gold Medal di Kompetisi Pitching Bisnis Internasional

Prof Agustinus menyampaikan, tantangan era media sosial dan keterbukaan yang luar biasa serta arus budaya luar dapat mempengaruhi nilai-nilai cinta Tanah Air. Ini, menurutnya, yang menjadi tantangan kemerdekaan di era global saat ini.

"Oleh karena itu kita harus memberikan penguatan kepada generasi muda untuk siap menghadapi tantangan dari pengaruh budaya luar dengan nilai-nilai kebangsaan kita," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3553 seconds (0.1#10.140)