Doa agar Dijauhkan dari Sifat Sombong

Senin, 14 Agustus 2023 - 18:37 WIB
loading...
Doa agar Dijauhkan dari Sifat Sombong
Salah satu cara agar terhindar dari sifat sombong adalah dengan berdoa, memohon kepada Allah agar terhindar dari sifat sombong tersebut. Foto ilustrasi/ist
A A A
Sombong adalah penyakit hati yang sangat dimurkai Allah Subhanahu wa ta'ala. Karena itu, kita harus selalu memohon agar dijauhkan dari sifat tersebut.

Mengenai bahaya sifat sombong pun tertulis dalam Al-Qur'an yang artinya, "Dan janganlah engkau berjalan di bumi dengan berlagak sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi, dan engkau tidak akan dapat menyamai setinggi gunung-gunung. (QS. Al-Isra' Ayat 37)".

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa manusia tidak diperkenankan untuk berjalan di atas muka bumi dengan sifat sombong. Apabila manusia memiliki penyakit hati ini dan jika manusia tidak mengindahkannya, maka murka Allah SWT lah yang akan diterima sebagai ganjarannya.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi. (HR Muslim). Dalam hadist ini juga dijelaskan bahwa Allah SWT tidak menyukai sifat sombong, hal ini berarti sifat sombong itu dilarang dan kita harus menghindarinya agar tidak mendapat murka Allah SWT.

Selain selalu menanamkan sifat rendah hati , salah satu cara agar terhindar dari sifat sombong adalah dengan berdoa, memohon kepada Allah agar terhindar dari sifat sombong tersebut.

Berikut ini adalah doa agar tidak sombong dan selalu rendah hati lengkap dengan latin dan artinya:

اِنِّىۡ عُذۡتُ بِرَبِّىۡ وَرَبِّكُمۡ مِّنۡ كُلِّ مُتَكَبِّرٍ لَّا يُؤۡمِنُ بِيَوۡمِ الۡحِسَابِ


Inni 'udztu birabbii wa-rabbakum min kulli mutakabbarin la yu'minu biyaumil hisaabi.

Artinya: "Sesungguhnya aku berlindung kepada Tuhanku dan Tuhanmu dari setiap orang yang menyombongkan diri tidak beriman kepada hari berhisab." (QS Ghafir : 27)

Selain membaca doa supaya tidak sombong di atas, bisa juga membaca doa berikut ini.

اَللّٰهُمَّ أَحْيِنِي مِسْكِيْنًا، وَأَمِتْنِي مِسْكِينًا، وَاحْشُرْنِي فِيْ زُمْرَةِ الْمَسَاكِيْنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ


Allahuma ahyini miskinan, wa amitni miskinan, wahsyurni fi zumratil masakin

Artinya: Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan matikanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan kumpulkanlah aku (pada hari kiamat) dalam rombongan orang-orang yang khusyu dan rendah hati.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)