Gelar Wisuda Perdana, Universitas Pertamina Komitmen Cetak Sarjana Plus

Rabu, 29 Juli 2020 - 22:24 WIB
loading...
Gelar Wisuda Perdana, Universitas Pertamina Komitmen Cetak Sarjana Plus
Universitas Pertamina menyelenggarakan sidang terbuka wisuda perdana tahun akademik 2019/2020 untuk periode Maret 2020. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Universitas Pertamina (UP) menyelenggarakan sidang terbuka wisuda perdana UP yang pertama tahun akademik 2019/2020 untuk periode Maret 2020. Wisuda ini adalah yang pertama dalam sejarah Universitas Pertamina yang berdiri sejak 2016 lalu.

"Pada pagi ini di tengah keterbatasan karena pandemi COVID-19 kita masih bisa berkumpul secara daring untuk kegiatan yang sangat penting bagi keluarga besar Universitas Pertamina yaitu wisuda pertama Universitas Pertamina yang pertama tahun akademik 2019/2020 untuk periode Maret 2020," ucap Rektor Universitas Pertamina Prof. Akhmaloka dalam sambutannya, Rabu (29/7/2020) pagi. (Baca juga: UI Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2020 )

Akhmaloka mengatakan bahwa Universitas Pertamina akan senantiasa berkomitmen untuk terus mencetak sarjana plus yang akan berkontribusi bagi bangsa dan negara, khususnya di bidang bisnis dan teknologi energi yang menjadi kekhususan dari Universitas Pertamina.

Menurutnya, dari 193 wisudawan yang diwisuda hari ini, 104 wisudawan meraih gelar cumlaude. “Mereka adalah mahasiswa generasi pertama yang menempuh pendidikan tinggi di Universitas Pertamina dan akan berperan besar di era bonus demografi untuk mengisi pos-pos pekerjaan strategis yang akan menentukan kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia.” ucapnya.

Seharusnya, wisuda pertama Universitas Pertamina ini sudah dilakukan pada akhir Maret 2020 lalu, namun ditangguhkan karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia. "Semestinya kita bertatap muka empat bulan lalu, di akhir bulan Maret 2020. Persiapan seremoni sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari tapi wisuda harus kita urungkan karena WHO menyatakan bahwa COVID-19 sebagai pandemi global," cerita Akhmaloka. (Baca juga: Fakultas Hukum Universitas Pancasila Siap Go Internasional )

Diterangkan olehnya, wisuda yang diikuti oleh 193 wisudawan dari 5 program studi secara bersama-sama mengikuti acara wisuda dengan memakai toga dari rumahnya masing-masing. "Wisuda bulan Maret ini adalah wisuda yang pertama atau 3,5 tahun dari adik-adik (mulai) kuliah," tambahnya.

Meskipun prosesi wisuda tidak bertatap muka secara langsung. Akhmaloka mengatakan hal tersebut tidak mengurangi niat tulus pihak Universitas Pertamina untuk memberikan penghargaan atas pencapaian keilmuan para wisudawan.

"Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan atas kelulusannya. Saya nyatakan saudara-sudara sebagai sarjana Universitas Pertamina beserta segala kehormatan dan kewenangan yang bertalian dengan itu menurut Undang-undang dan norma kebiasaan," tegas Akhmaloka.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)