Takut Negara Islam Bersatu, Israel Menentang Kehadiran Duta Besar Arab Saudi untuk Palestina

Minggu, 13 Agustus 2023 - 16:55 WIB
loading...
Takut Negara Islam Bersatu, Israel Menentang Kehadiran Duta Besar Arab Saudi untuk Palestina
Israel tidak suka dengan langkah Arab Saudi menunjuk duta besar untuk Palestina. Foto.Reuters
A A A
YERUSALEM - Israel mengesampingkan penunjukan Duta Besar Arab Saudi untuk Palestina. Padahal, upaya tersebut dilakukan saat Washington mencoba menjalin hubungan formal Israel dengan Riyadh.

Duta Besar Saudi untuk Yordania Nayef Al-Sudairi memperluas mandatnya untuk memasukkan utusan non-residen untuk Palestina. Sebuah posting media sosial oleh kedutaannya di Amman mengatakan "konsul jenderal di Yerusalem" sekarang menjadi salah satu tugas Al-Sudairi.

Itu tampaknya sesuai dengan tujuan lama Palestina dan sejauh ini tidak membuahkan hasil untuk mendirikan negara di wilayah yang diduduki Israel dalam perang 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota.

Israel menganggap Yerusalem sebagai ibu kotanya sendiri, status yang diakui oleh Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump pada 2017 tetapi tidak oleh kekuatan dunia lainnya. Otoritas Israel melarang aktivitas diplomatik Palestina di kota itu.



Arab Saudi telah memperjuangkan perjuangan Palestina dan menghindari hubungan resmi dengan Israel, tetapi AS berusaha untuk mempromosikan apa yang bisa menjadi kesepakatan bersejarah Timur Tengah yang mencakup normalisasi hubungan Israel-Saudi.

"Ini (Al-Sudairi) bisa menjadi delegasi yang akan bertemu dengan perwakilan di Otoritas Palestina," kata Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen kepada stasiun radio Tel Aviv 103 FM.

"Kami tidak akan mengizinkan pembukaan misi diplomatik apa pun di Yerusalem," tambah Cohen. "Apakah akan ada pejabat yang duduk secara fisik di Yerusalem? Ini tidak akan kami izinkan."

Pemerintah sayap kanan Israel telah mengecilkan kemungkinan memberikan landasan yang signifikan kepada Palestina sebagai bagian dari kesepakatan normalisasi dengan Arab Saudi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)