Menko Polhukam: Tak Mungkin Anggota Polri Selundupkan Senjata

Selasa, 24 Januari 2017 - 19:51 WIB
Menko Polhukam: Tak Mungkin Anggota Polri Selundupkan Senjata
Menko Polhukam: Tak Mungkin Anggota Polri Selundupkan Senjata
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berharap kasus penyelundupan senjata api yang dituduhkan Otoritas Sudan terhadap personel Polri cepat selesai.

Wiranto menegaskan keyakinannya anggota Polri yang tergabung dalam Formed Police Unit (FPU) VIII di Darfur Sudan tidak melakukan perbuatan itu.

"Kenyataannya kontingen dari kita sendiri tidak mengakui itu," ujar Wiranto di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/1/2017). (Baca juga: Polri Beberkan Kasus Tuduhan Pasukan RI Selundupkan Senpi di Sudan)

Kemudian Wiranto menjelaskan tentang awal kasus tersebut. Tuduhan tersebut bermula saat kontingen Indonesia keluar dari pemeriksaan di Bandara Al Fashir. Saat itu, kata Wiranto, tidak ditemukan barang yang mencurigakan seperti senjata api.

Namun aat berada di lapangan terbang Sudan, kata Wiranto, Otoritas Sudan menemukan berbagai macam pucuk senjata di dalam tas. "Itu dari mana, tidak tahu. Siapa yang menaruh, juga tidak tahu, tapi sudah terlanjur diperiksa," ungkapnya. (Baca juga: DPR Khawatir PBB Tolak Terima Pasukan Indonesia)

Untuk itu, kata Wiranto, pemerintah melalui kepolisian mengirim tim investigasi untuk menyelidiki kasus tersebut. Bahkan, lanjut dia, Duta Besar Indonesia di Sudan juga sudah turun langsung memberikan pendampingan kepada pasukan perdamaian asal Indonesia itu.

‎"Saya kira ini ada sesuatu yang harus diselesaikan dengan baik karena menyangkut martabat bangsa," ucapnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5070 seconds (0.1#10.140)