Kemiringan Menara Pisa Tetap Aman, Apa Rahasianya?

Kamis, 10 Agustus 2023 - 03:54 WIB
loading...
Kemiringan Menara Pisa Tetap Aman, Apa Rahasianya?
Menara Pisa tetap aman dan menjadi magnet bagi jutaan wisatawan. Foto/Reuters
A A A
RIOMA - Menara Pisa pernah ditakuti di ambang kehancuran karena kemiringan yang menjadikannya tengara yang begitu populer mengancam keberadaannya.

Tapi minggu ini, saat monumen merayakan ulang tahunnya yang ke-850, penampakan monumen miring di masa depan dalam foto-foto turis yang lucu dipastikan untuk tahun-tahun mendatang karena penjaganya memberikan surat jaminan keamanan.

"Hari ini menara lonceng adalah monumen yang stabil," Andrea Maestrelli, presiden Opera della Primaziale Pisana (OPA), badan berusia 1.000 tahun yang merawat kompleks katedral yang mencakup menara, dilansir CNN.

Namun, jaminan kemiringan Menara Pisa tidak selalu terjadi. Pada awal tahun 90-an, menara, bagian tengah dari situs Warisan Dunia UNESCO, mencapai kemiringan 4,5 derajat dan kekhawatiran akan stabilitasnya menyebabkan upaya internasional untuk menghentikannya agar tidak roboh, dengan pekerjaan yang berlangsung selama delapan tahun sejak tahun 1993.



Sekarang, para ahli mengatakan masa depannya "cerah", dengan pengawasan satelit dan terestrial saat ini mengawasi bahkan sedikit pun perubahan posisinya, menjadikan menara lonceng yang terkenal itu salah satu monumen yang paling banyak dipantau di dunia.

"Batu fondasi pertama Menara Pisa diletakkan pada 9 Agustus 1173, berkat sumbangan 60 koin yang dibuat oleh seorang janda bernama Berta, untuk pembangunan menara lonceng katedral kami,” kata Uskup Agung Pisa Giovanni Paolo Benotto.

Masalah stabilitas menara dimulai lebih awal. Konstruksi terhenti pada ketinggian kolom tingkat terbuka ketiga karena penurunan muka tanah dan baru dilanjutkan pada tahun 1275 ketika tiga tingkat tambahan ditambahkan.

Dalam upaya meluruskan menara, tiga lantai teratas melengkung ke arah yang berlawanan dari kemiringan. Menara ini selesai dibangun pada pertengahan abad ke-14, ketika menara tempat lonceng bergantung ditambahkan.

Saat kemiringan memburuk pada akhir abad ke-20, tanah dihilangkan dari bawah fondasi di sisi utaranya melalui serangkaian perforasi, menyebabkan penurunan kemiringan yang tidak terlihat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)