Besok, Jokowi Lantik Marsdya Hadi Tjahjanto Jadi KSAU

Selasa, 17 Januari 2017 - 22:05 WIB
Besok, Jokowi Lantik Marsdya Hadi Tjahjanto Jadi KSAU
Besok, Jokowi Lantik Marsdya Hadi Tjahjanto Jadi KSAU
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok melantik Marsekal Madya (Marsdya) Hadi Tjahjanto menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Betul, besok dilantik sekitar pukul 11.00 WIB," ujar Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto saat dikonfirmasi, Selasa (17/01/2017).

Jenderal bintang tiga yang saat ini menjabat sebagai Irjen Kementerian Pertahanan (Kemhan) ini diajukan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjadi KSAU menggantikan Marsekal Agus Supriatna yang memasuki masa pensiun. Dua nama lainnya yang juga diajukan adalah Wakil Lemhanas Marsdya Bagus Puruhito dan Wakasau Marsdya Hadiyan Sumintaatmadha.

Saat dikonfirmasi, Marsdya Hadi Tjahjanto membenarkan hal tersebut. Menurut dia, pelantikan akan berlangsung di Istana Negara pada pukul 11.00 WIB. "Kaget, senang (dengan info pelantikan). Tidak ada persiapan, biasa-biasa saja," ucapnya.

Hadi menjelaskan, informasi mengenai pelantikan tersebut didapatnya saat dirinya tengah mengikuti Rapim TNI 2017 di Mabes TNI. "Siang tadi lagi rapim ditelepon sespri presiden untuk bisa menghadap presiden," ungkapnya.

Saat menghadap ke Istana Negara, kata Hadi, dirinya diminta Presiden Jokowi untuk mempersiapkan diri mengikuti pelantikan. "Saat itu presiden mengatakan dari tiga calon, yang dipilih saya. Selamat," ucapnya menirukan perkataan Presiden Jokowi.

Setelah menghadap, dirinya kemudian kembali ke Mabes TNI untuk mengikuti Rapim. "Serah terima jabatan (sertijab) akan dilakukan Jumat (20 Januari 2017) di Halim Perdanakusuma," ucapnya.

Disinggung soal kebijakan yang akan diambil terkait dengan matra udara, Hadi mengaku, akan menentukannya setelah menjadi KSAU. "Setelah menjadi KSAU baru saya akan menentukan kebijakan selanjutnya," katanya.

Seperti diketahui, Hadi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987. Dia pernah ditunjuk sebagai Komandan Lanud Adi Soemarmo di Solo, Jawa Tengah pada periode 2010-2011.

Tidak hanya itu, Hadi juga pernah menjabat sebagai Komandan Lanud (Danlanud) Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur pada 2015 lalu. Dia juga sempat menjadi Sekretaris Militer Presiden Jokowi pada 2015-2016. Mantan Kepala Dinas Penerangan TNI AU periode 2013-2015 itu diangkat sebagai Irjen Kemhan pada Oktober lalu.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4939 seconds (0.1#10.140)