6 Universitas yang Punya Jurusan Forensik di Indonesia, Ini yang Dipelajari

Senin, 07 Agustus 2023 - 19:30 WIB
loading...
6 Universitas yang Punya Jurusan Forensik di Indonesia, Ini yang Dipelajari
Setidaknya ada 6 universitas di Indonesia yang punya jurusan forensik yakni cabang ilmu sains digunakan untuk membantu penegakan hukum. Foto/laman unpad
A A A
JAKARTA - Ini 6 universitas yang memiliki jurusan forensik di Indonesia tahun 2023. Bagi kamu yang menyukai film misteri, detektif dan thriller pasti tidak asing dengan istilah forensik.

Forensik adalah cabang ilmu sains yang pada umumnya digunakan untuk membantu penegakan hukum. Secara sempit, kita memahaminya sebagai ilmu yang mengungkapkan cara kematian seseorang.

Namun, pada kenyataannya, forensik tidak hanya tentang membedah mayat. Ada beberapa cabang keilmuan lainnya dalam ilmu forensik.Dewasa ini sejumlah universitas sudah memahami arti penting forensik bagi dunia kesehatan sehingga menginisiasi pembukaan jurusan Forensik di universitas masing-masing. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 6 universitas di Indonesia yang membuka jurusan Forensik.

Daftar 6 Universitas yang Ada Jurusan Forensik di Indonesia 2023

1. Universitas Indonesia (UI)

Sebagai universitas nomor satu di Indonesia, tak heran bila Universitas Indonesia, atau yang akrab dikenal sebagai UI, memiliki Program Studi Spesialis Ilmu Kedokteran Forensik.

Bayaran per semesternya berkisar antara Rp16.500.000,00 hingga Rp22.000.000,00, tergantung jenis kelas yang hendak kamu ambil.Oh ya, jurusan ini hanya bisa ditempuh dengan ujian mandiri, yaitu SIMAK UI.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Universitas yang ada jurusan forensik di Indonesia selanjutnya adalah UGM. Kampus ini menyediakan program studi spesialis Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko Legal. Biaya per semesternya berkisar antara Rp14.000.000,00 hingga Rp25.000.000,00, tergantung jenis kelas yang hendak kamu ambil.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Ketiga, universitas yang ada jurusan forensik di Indonesia adalah Universitas Padjadjaran. Kampus yang terkenal di Bandung ini menyediakan program studi spesialis Forensik dan Medikolegal Biaya per semesternya kurang lebih Rp15.000.000,00, sementara biaya pengembangannya sekitar Rp10.000.000,00.


4. Universitas Airlangga (Unair)


Unair yang terletak di Surabaya juga menyediakan program studi spesialis Forensik dan Medikolegal. Jika kamu mengambil jurusan forensik di universitas ini, maka biaya per semesternya sekitar Rp10.000.000,00 untuk calon mahasiswa dalam negeri. Sementara, untuk calon mahasiswa dari luar negeri, uang bayarannya sekitar Rp30.000.000,00.

5.Universitas Hasanuddin (Unhas)


Selanjutnya, ada Universitas Hasanuddin yang menawarkan program studi spesialis Ilmu Kedokteran Forensik. Di sini, biaya per semesternya sekitar Rp10.000.000,00. Kamu bisa menempuhnya melalui tes mandiri yang diadakan oleh kampus.

6. Universitas Sumatera Utara (USU)


Universitas terakhir yang menyediakan program studi spesialis Ilmu Kedokteran Forensik adalah Universitas Sumatera Utara atau USU. Biaya per semesternya sekitar Rp15.000.000,00, belum termasuk uang pangkal.

Peluang Karier untuk Lulusan Jurusan Forensik

1. Dokter forensik di rumah sakit Kepolisian RI
2. Analis Laboratorium Kriminal
3. Pemeriksa Medis atau Asisten Akademis dan Teknis
4. Dosen Fakultas Kedokteran
5. Departemen Kepolisian Indonesia
6. Biro Intelijen atau Interpol
7. Laboratorium Forensik milik Pemerintah


Cabang Keilmuan Forensik

1. Kriminalistik

Cabang ini akan mengenal, mengumpulkan, menguji, mengidentifikasi, mengindividualisasi, dan mengevaluasi barang-barang bukti fisik tersebut.

2. Toksikologi

Selanjutnya adalah cabang ilmu forensik toksikologi. Sesuai namanya juga, cabang ilmu ini menganalisis efek dari suatu zat kimia atau racun.

3. Odontologi

Kamu pasti tahu kan kalau forensik yang dikenal secara umum adalah membedah jasad manusia? Nah, odontologi merupakan salah satu bidang ilmu dalam pembedahan ini.

4. Psikiater

Hampir mirip dengan psikiater pada umumnya, psikiater forensik bertugas untuk menganalisis dan mendiagnosis kesehatan mental atau psikologi seseorang.

5. Emotologi

Kalau kamu suka menonton film misteri atau thriller, saat adegan penemuan mayat pasti terdapat serangga yang mengerubungi kan?

6. Antropologi

Untuk antropologi forensik, kamu akan melakukan identifikasi dan analisis terhadap sisa-sisa tulang, tengkorak dan mumi.

7. Balistik

Dalam cabang ilmu ini, kamu akan menganalisis barang bukti fisik berupa senjata maupun luka-luka pada korban.

8. Serologi dan Biologi molekuler

Bidang keilmuan forensik yang terakhir adalah serologi dan biologi molekuler.Bidang ini meneliti dan menganalisis bukti-bukti cairan tubuh yang ada pada pelaku atau korban tindak kriminal.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)