alexa snippet

HT: Majukan Daya Saing, Negara Harus Percepat Tingkat Pendidikan

HT: Majukan Daya Saing, Negara Harus Percepat Tingkat Pendidikan
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) saat melantik 353 DPRt Partai Perindo Sidoarjo, di Sidoarjo. Foto/ MNC Media
A+ A-
SIDOARJO - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, pembenahan pendidikan masyarakat harus dipercepat, agar produktivitas dan daya saing nasional bisa meningkat.

"Pendidikan tertinggal, kita tidak kompetitif. Negara harus percepat pendidikan, agar produktivitas dan daya saing meningkat," kata HT saat melantik 353 DPRt Partai Perindo Sidoarjo, di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (10/1/2017).

Saat ini, 40% masyarakat Indonesia berpendidikan SD ke bawah. Tak sampai 10% yang dapat mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. Setiap tahunnya, rata-rata hanya 1 juta orang yang masuk ke perguruan tinggi.

"Artinya membutuhkan 25 tahun untuk menambah 10% atau 25 juta lulusan perguruan tinggi yang baru," ucap HT.

Sementara negara-negara lainnya sudah jauh lebih maju dalam pendidikan, seperti Taiwan sudah hampir 100% berpendidikan S1, Korea Selatan yang selisih dua hari kemerdekaannya dengan Indonesia sudah 86% berpendidikan S1.

Dalam melakukan percepatan, negara harus hadir baik dengan subsidi, maupun memberikan pendidikan gratis. Hal tersebut hanya bisa dilakukan bila Indonesia menjadi negara maju.

Untuk itu daerah-daerah harus dibangun menjadi pilar ekonomi, sehingga mempercepat kemajuan Indonesia. Membangun daerah, berarti membangun masyarakatnya.



(maf)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top