10 Orang dengan Gelar Akademik Terbanyak, Wow Ada yang Punya 35 Jenis

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 15:28 WIB
loading...
10 Orang dengan Gelar Akademik Terbanyak, Wow Ada yang Punya 35 Jenis
Welin Kusuma termasuk orang di Indonesia dan juga di dunia dengan gelar akademik terbanyak. Dilansir dari situs resmi UT , Welin memiliki 32 gelar akademik.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Orang-orang ini mengantongi gelar akademik paling banyak di dunia. Siapa saja? Bagi kebanyakan orang, punya satu, dua atau -- yang lebih jarang-- 3 gelar adalah perjuangan berat. Dipastikan untuk meraih gelar perlu mengorbankan banyak waktu, uang, dan butuh kerja keras.

Meski banyak menguras pengorbanan namun siapa sangka bahwa di dunia ini ada banyak orang yang memiliki hobi mengkoleksi gelar bidang pendidikan. Bayangkan panjang namanya jika semua gelar tersebut dimasukan di belakang namanya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 orang dengan gelar terbanyak di dunia, salah satunya dari Indonesia

10 Orang dengan Gelar Akademik Terbanyak di Dunia

1.Hardial Singh Sainbhy (35 Gelar Akademik)


Dengan mengantongi 35 gelar, Dr Sainbhy menjadi salah satu orang dengan gelar akademik terbanyak di muka Bumi. Mahasiswa super asal India itu punya gelar dari berbagai bidang. Ia punya 15 gelar master, 5 gelar diploma pascasarjana, dan sarjana hukum, sertifikat AMIE dan AMSIE, juga sejumlah gelar sarjana. Hardial Singh Sainbhy menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang kuliah. Ia punya tekad menambah gelarnya itu selama tubuh dan otaknya masih mampu kuliah.

2.Welin Kusuma (32 Gelar Akademik)


Welin Kusuma juga termasuk orang di Indonesia dengan gelar akademik terbanyak. Dilansir dari situs resmi UT (27/6) Welin tercatat memiliki 32 gelar akademik.

Welin punya hobi unik yakni belajar. Hobi ini yang mengantarkannya menjadi orang dengan gelar terbanyak di Indonesia. Selama menempuh pendidikan, Welin mengaku menggunakan biaya sendiri dan ada beberapa yang dibiayai beasiswa.

3.RK Rai (30 Gelar Akademik)


Rai adalah pensiunan profesor dan adalah seorang penduduk dari kabupaten Ghazipur Uttar Pradesh, beberapa 280 km dari Lucknow India. Selama 65 tahun hidupnya ia mengumpulkan lebih dari 30 gelar antara lain 22 master, 5 PhD, dan 3 D. Litts dalam bidang beragam. Kini, ia telah pensiun dari pekerjaannya sebagai dosen. Ray yakin, belajar seumur hidup adalah kunci meraih kebahagiaan dalam hidup.

4.Michael Nicholson (27 Gelar Akademik)


Michael Nicholson telah mengumpulkan gelar sarjana sejak 1963, dan ia belum berencana untuk berhenti. Sepanjang hidupnya, ia memiliki 27 gelar berbeda, termasuk 2 gelar associate, 19 master, 3 spesialis, dan 1 PhD atau doktor.



Nicholson mengaku, tidak mengejar gelar untuk meningkatkan kariernya. Ia hanya suka belajar dan mempelajari banyak bidang. Sang kakek mengaku akan terus kuliah selagi mampu. Istrinya juga melakukan hal yang sama dan mendapatkan 7 gelar.

5.Ashoka J. Prasad Jr (19 Gelar Akademik)


Ashoka J. Prasad Jr adalah pemimpin bidang medis di negaranya India. Memajukan bidang kedokteran anak (pediatri) dan perawatan pasca melahirkan untuk rakyat India. Ia juga menjadi pengajar di Columbia, U Penn, Harvard, Yale, dan Cambridge.
Meski mengajar dan berkarier di bidang kesehatan, ia punya 19 gelar dalam berbagai bidang. Termasuk MA bidang antropologi dari Cambridge, MRC dalam psikiatri dari University of Edinburgh, juga gelar lain di geografi, sejarah, matematika, dan kedokteran penerbangan.

6.Mochamad Achsin (14 Gelar Akademik)


Mochamad Achsin adalah seorang dosen Universitas Brawijaya dengan gelar terbanyak. Saat ini ia memiliki 14 gelar akademik yang tentu saja diraihnya dengan perjuangan yang berat.

Achsin berhasil memperoleh delapan gelar akademik dan tiga gelar profesi. Ia merupakan seorang dosen ekonomi di Universitas Brawijaya Malang. Saat ini, Achsin masih aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

7.Yenita (13 Gelar Akademik)

Perempuan bernama Yenita juga menjadi orang dengan gelar terbanyak di Indonesia. Yenita berhasil meraih 13 gelar akademik yang ia dapatkan dari berbagai kampus ternama di Indonesia.



Yenita saat ini berprofesi sebagai dosen jurusan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara (Untar). Dari 13 gelar ini, secara rinci Yenita meraih satu gelar sarjana, 10 gelar master dan dua gelar doktor.

Pada 2019, Yenita memperoleh rekor sebagai Perempuan dengan Gelar Master Terbanyak. Dari beberapa gelar tersebut, terdapat tiga gelar yang dinyatakan lulus dengan IPK 4 atau sempurna, sembilan gelar memperoleh cumlaude, dan enam kali menjadi lulusan terbaik.

8.Achmad Tarmizi (11 Gelar Akademik dan 72 Gelar Non Akademik)


Dilansir dari situs resmi Kabupaten OKU (27/6) Achmad Tarmizi saat ini berprofesi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Ia adalah pejabat pemerintah yang memiliki gelar terbanyak.

Saat ini Achmad Tarmizi menyandang 11 gelar akademik dan 72 gelar non-akademik. Total ia memiliki 83 gelar.Dengan gelarnya ini, ia dinobatkan sebagai orang dengan gelar terbanyak di Indonesia. Bahkan namanya tercatat dalam MURI sebagai Sekretaris Daerah yang memiliki gelar terbanyak.

9.Franz Astani (11 Gelar Akademik)


Franz Astani mengantongi 11 gelar akademik dari berbagai disiplin ilmu. Dari gelar akademik yang dimiliki ini ia juga pernah meraih rekor MURI pada 2005 lalu untuk kategori gelar terpanjang di Indonesia.

Franz Astani berprofesi sebagai Notaris dan PPAT dengan gelar terbanyak. Sebelumnya, Ia juga sempat mencalonkan diri sebagai Rektor dari Universitas Indonesia pada tahun 2012 dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasila.

10.Benjamin Bolger (11 Gelar Akademik)


Benjamin Bolger punya 11 gelar yang kebanyakan didapat dari universitas bergengsi di dunia. Gelar sarjana pertamanya diraih di usia 19 tahun dari University of Michigan. Pada 2008, Bolger meraih gelar doktor pertamanya dari Harvard.

Ia juga meraih gelar dari Columbia, Brown, Stanford, Dartmouth, Oxford, dan Cambridge -- itu belum termasuk gelar lain dari Harvard. Tak cukup di situ, Bolger pada 2011 sedang berusaha meraih 5 gelar lain di Penn dan Cornell.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2967 seconds (0.1#10.140)