Apa Itu Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel? Kenali Perbedaannya

Jum'at, 28 Juli 2023 - 13:47 WIB
loading...
Apa Itu Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel? Kenali Perbedaannya
Saat kuliah mahasiswa biasanya mendapat tugas menulis sejumlah tulisan di antaranya artikel, paper, essay, makalah dan jurnal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apa perbedaan paper, makalah, essay, jurnal, dan artikel? Banyak orang pasti sering mendengar istilah tersebut. Menariknya, 5 istilah tersebut memiliki kemiripan dalam berbagai hal, mulai dari pengertian hingga sistematika.

Di sisi lain banyak orang, mungkin juga mahasiswa, tidak bisa membedakan perbedaan dari beberapa istilah tersebut. Parahnya, sebagian orang bahkan salah mengartikan dan sering menukar pengertiannya. Inilah yang membuat kerancuan dalam hal penulisan. Biar tidak rancu dan salah memahami, berikut ulasan mengenai perbedaan paper, makalah, essay, jurnal dan artikel yang dirangkum dari berbagai sumber.

Perbedaan Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel

1. Dari Sisi Definisi

Paper

Secara sederhana, paper memiliki arti ringkasan dari penelitian yang telah kamu buat. Oleh sebab itu, dalam penulisannya tentu dilandasi dengan data serta argumen valid dari penelitian tersebut.

Makalah

Makalah merupakan sebuah karya tulis yang membahas suatu topik tertentu. Pembahasan didasarkan pada hasil kajian Pustaka. Oleh sebab itu juga istilah ini juga merujuk pada pemikiran terhadap suatu topik masalah.

Essay

Essay merupakan karya tulis yang merupakan kombinasi dari fakta dan opini. Oleh sebab itu, karya tulis ini biasanya masih bersifat subjektif. Bahkan, karya tulis ini juga masih cenderung spekulatif.

Jurnal

Jurnal merupakan tulisan yang berisi berbagai artikel informatif serta akademis. Perlu dipahami bahwa jurnal sendiri akan diterbitkan secara periodik. Biasanya dalam 1 tahun akan diterbitkan 2-3 kali.

Artikel
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)