alexametrics

KY Siap Kawal Persidangan Kasus Dugaan Penistaan Agama Ahok

loading...
KY Siap Kawal Persidangan Kasus Dugaan Penistaan Agama Ahok
Ilustrasi. (Sindonews)
A+ A-
JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) menyatakan kesiapannya untuk memantau jalannya persidangam kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Juru Bicara KY Farid Wajdi mengatakan, berdasarkan kewenangan yang diberikan kepada KY melalui Undang-undang Nomor 18 Tahun 2011, pihaknya akan melakukan pengawalan dan pemantauan terhadap kasus ini.

"Pemantauan akan dilakukan baik secara terbuka maupun tertutup," ujar Farid melalui keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Kamis (8/12/2016).



Mengingat kasus ini menjadi perhatian masyarakat, Farid mengimbau kepada seluruh pihak agar menjaga ketertiban persidangan dan menyampaikan apapun aspirasinya secara terukur.

Apapun hasil putusan hakim nanti, Farid juga meminta semua pihak untuk menggunakan jalur hukum yang telah diatur, baik banding, kasasi, atau bahkan PK.

Sementara itu, jika diduga terdapat pelanggaran kode etik yang dilakukan hakim, maka diharapkan masyarakat melaporkannya ke KY maupun Mahkamah Agung (MA). KY berjanji akan memproses seluruh temuan setelah persidangan usai.

"Demi menjaga kehormatan dan kemandirian persidangan maka apapun temuannya akan diproses setelah semua proses hukum selesai," kata Farid.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak