alexametrics

Pengamanan Aksi 411 dan 212 Habiskan Dana Rp76 Miliar

loading...
Pengamanan Aksi 411 dan 212 Habiskan Dana Rp76 Miliar
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. (SINDOphoto)
A+ A-
JAKARTA - Pengamanan yang dilakukan aparat dalam aksi Bela Islam II pada 4 November 2016 dan Bela Islam III pada 2 Desember 2016 menghabiskan dana Rp76 miliar. Biaya pengamanan aksi Bela Islam III lebih besar daripada Bela Islam II.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pengamanan aksi Bela Islam II menghabiskan dana Rp33 miliar. Sedangkan, aksi Bela Islam II menghabiskan dana Rp43 miliar.

"Jadi, total untuk 4 November dan 2 Desember itu bukan hanya satu hari, tapi kan sudah ada pergeseran sebelumnya, Rp76 miliar untuk dua demo besar itu," ujar Tito dalam rapat kerja Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/12/2016).



Dia menambahkan, ‎dana itu digunakan untuk mengerahkan aparat keamanan di Jakarta. Lebih lanjut, kata dia, sebanyak 20 ribu aparat gabungan Polri dan TNI dikerahkan dalam aksi Bela Islam II atau dikenal aksi 411.

‎Sementara, aksi Bela Islam III atau dikenal aksi 212 mengerahkan sebanyak 27 ribu gabungan Polri dan TNI. Penjelasan Tito Karnavian itu menjawab pertanyaan ‎Anggota Komisi III DPR Jazilul Fawaid‎.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mempertanyakan, jumlah anggaran yang dipakai Polri dalam pengamanan sejumlah demo besar sebulan terakhir. Sebab, setiap anggota yang dikerahkan dalam pengamanan demo tentu diberi fasilitas.

‎"Dalam sebulan terakhir lebih dari tujuh kali aksi demo. Sebenarnya, setiap aksi demo sebesar itu Polri menghabiskan biaya berapa?‎" kata Jazilul, dalam kesempatan rapat itu.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak