8 Kampus dengan Jurusan Psikologi Terbaik, Terakreditasi Unggul BAN PT

Selasa, 25 Juli 2023 - 05:45 WIB
loading...
8 Kampus dengan Jurusan Psikologi Terbaik, Terakreditasi Unggul BAN PT
Sebanyak delapan kampus memiliki jurusan Psikologi yang sudah terakreditasi Unggul oleh BAN PT. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sebanyak delapan kampus di Indonesia memiliki jurusan kuliah S1 Psikologi dengan akreditasi Unggul BAN PT. Berikut ini daftar universitas terbaiknya .

Jurusan Psikologi memiliki prospek kerja yang luas bagi lulusannya. Bukan hanya konseling ataupun dosen namun juga banyak perusahaan mencarinya untuk mengisi divisi human resources (HRD), learning and development, rekruiter, serta asesor.

Jurusan Psikologi sudah banyak dibuka di perguruan tinggi di Indonesia, baik di perguruan tinggi negeri (PTN) dan juga perguruan tinggi swasta (PTS).

Untuk memilih mana kampus terbaik, biasanya masyarakat mencarinya dengan status akreditasi yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Baca juga: 9 Kampus dengan Jurusan Seni Favorit di Indonesia, Gudangnya Para Seniman

Untuk meningkatkan mutu dan kualitas suatu perguruan tinggi, BAN PT melalui Peraturan BAN PT No 1/2020 telah mengubah status akreditasi suatu kampus tak lagi dengan model A, B, dan C melainkan menjadi Unggul, Baik Sekali, Baik, atau Tidak Terakreditasi.

Dalam peraturan tersebut, peringkat akreditasi A, B, dan C dilakukan dengan menggunakan instrumen Akreditasi 7 Standart dan akreditasi Unggul, Baik Sekali, dan Baik untuk akreditasi dengan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 dan IAPT 3.0.

Regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 merupakan instrumen terbaru berbasis outcome dan output untuk mengecek akreditasi perguruan tinggi dan program studi.

Baca juga: UU Kesehatan Disahkan, Fordek Aipki Komitmen Jaga Kualitas Pendidikan Dokter

Dikutip dari laman BAN PT, berikut ini delapan perguruan tinggi di Indonesia dengan jurusan S1 Psikologi dengan akreditasi Ungggul. Urutan nomor disesuaikan dengan urutan di laman BAN PT.

8 Kampus dengan Jurusan S1 Psikologi Terakreditasi Unggul BAN PT

1. Universitas Diponegoro (Undip)
2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
3. Universitas Islam Indonesia (UII)
4. Universitas Brawijaya (UB)
5. Universitas Bina Nusantara (BINUS)
6. Universitas Indonesia (UI)
7. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
8. Universitas Airlangga (Unair)

Demikian delapan kampus dengan jurusan S1 Psikologi yang sudah terakreditasi Unggul oleh BAN PT. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2534 seconds (0.1#10.140)