BMKG Catat 6 Kota Terdingin di Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya

Minggu, 23 Juli 2023 - 07:54 WIB
loading...
BMKG Catat 6 Kota Terdingin di Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya
Daerah Padang Panjang, Sumatra Barat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mencatat, sebanyak 6 kota di Indonesia yang memiliki suhu terdingin sepanjang tahun 1993 hingga 2023. Suhu udara dingin ini cenderung terjadi pada saat musim kemarau.

Berdasarkan analisis BMKG ada beberapa faktor yang menyebabkan daerah tertentu di Indonesia memiliki suhu lebih dingin diantaranya faktor ketinggian seperti daerah pegunungan, arah pergerakan angin, tutupan awan dan daerah yang ditumbuhi oleh vegetasi.

"Ada pergerakan massa udara dari Australia ke Indonesia membawa angin kering dan dingin ke daerah Nusantara. Hal tersebut menyebabkan turunnya suhu udara di wilayah Indonesia," kata Prakirawan BMKG, Dendi Rona Purnama, dikutip Minggu (23/7/2023).



Secara umum, iklim di Indonesia dibentuk oleh perairan hangat seragam yang membentuk 81 persen wilayah di Indonesia dengan suhu rata-rata di darat sekitar 28 derajat celcius untuk wilayah perairan, kemudian 26 derajat celcius untuk di wilayah pedalaman, dan 23 derajat celcius untuk daerah pegunungan yang lebih tinggi.

Kemudian suhu rata-rata bulanan di Indonesia juga konstan bernilai sekitar 25 derajat celcius hingga 26 derajat celcius di sepanjang tahun. "Suhu udara sedikit berubah pada musim ke musim atau dari satu daerah ke daerah berikutnya dengan suhu udara rata-rata cenderung turun pada musim kemarau. Alhasil saat periode musim kemarau suhu udara terasa lebih dingin," ungkap Dendi.

Berikut 6 kota di Indonesia yang memiliki suhu minimum dilihat dari 1 Januari 1993 hingga 18 Juli 2023:

1. Wamena Jayawijaya, Papua. Stasiun meteorologi Wamena Jayawijaya di mana pada stasiun tersebut tercatat suhu terendah sebesar 4.5 derajat celcius pada saat bulan Agustus dan Desember tahun 2015. Rata-rata suhu udara di bawah 10 derajat celcius tercatat di bulan Juni hingga Agustus serta Oktober hingga Desember.

2. Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT). Stasiun meteorologi Frans Sales Lega di Ruteng NTT pada stasiun tersebut tercatat suhu terendah sebesar 5.4 derajat celcius pada saat 30 Juni 2023. Kemudian rata-rata suhu udara di bawah 10 derajat celcius di daerah ini tercatat di bulan Mei hingga bulan Agustus.

3. Toraja, Sulawesi Selatan. Stasiun meteorologi di Toraja, Sulawesi Selatan di stasiun ini juga tercatat suhu terendah sebesar 5.8 derajat celcius pada saat 1 Juli 2011. Untuk rata-rata suhu udara di bawah 10 derajat celcius tercatat di bulan Juni hingga Oktober.

4. Nunukan, Kalimantan Utara. Stasiun meteorologi Yuvai Semaring di Nunukan lebih tepatnya Kalimantan Utara. Kemudian di stasiun ini juga tercatat suhu terendah sebesar 8,4 derajat celcius pada saat 8 Februari 2011. Rata-rata suhu udara di bawah 13 derajat celcius tercatat di bulan Januari hingga Februari dan juga dari Juni hingga September.

5. Bandung, Jawa Barat. Stasiun Geofisika Bandung di mana Stasiun ini mencatat suhu terendah sebesar 12.6 derajat celcius pada saat 2 Juni 2004. Kemudian rata-rata suhu udara di bawah 16 derajat celcius tercatat pada bulan Mei hingga bulan Agustus.

6. Padang Panjang, Sumatra Barat. Stasiun geofisika Padang Panjang mencatat di mana di wilayah ini juga tercatat suhu terendah sebesar 11.1 derajat celcius pada tanggal 19 Desember 2018. Kemudian rata-rata suhu udara di bawah 16 derajat celcius tercatat di bulan Mei hingga bulan November.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)