alexa snippet

Bila Sabtu-Minggu PNS Masuk

Dengan peningkatan kesejahteraan abdi negara, secara tidak langsung akan secara otomatis mendongkrak kinerja mereka. Tentu hal ini juga harus dibarengi dengan kebijakan reward and punishment yang tegas.

Pasalnya, salah satu penyebab rendahnya kinerja para PNS adalah ketidakjelasan dan ketidaktegasannya terkait kebijakan reward and punishment. PNS yang berprestasi sering kali tidak diberikan reward yang sepantasnya. Bahkan, mereka cenderung memiliki karier yang kurang lebih sama dengan PNS yang malas.

Zona nyaman yang melingkupi kehidupan para PNS tersebut telah mematikan kreativitas dan profesionalisme. Akibat tidak adanya kompetisi ini, PNS akhirnya bekerja ala kadarnya.

Bahkan, tak seperti di perusahaan swasta yang mengedepankan profesionalisme, senioritas sering kali dijadikan ukuran untuk memberikan reward (baca: jabatan) bagi PNS. Kebijakan ini akhirnya menghambat karier dan mengerdilkan para PNS yang cerdas, rajin, dan berprestasi.

Karena itu, jika memang kebijakan Menpan-RB tersebut jadi dilaksanakan, tentu syarat-syarat lain seperti kenaikan kesejahteraan dan sistem kejelasan juga harus dipenuhi terlebih dahulu. Kita tentu sangat mendambakan memiliki para aparatur negara yang bisa diandalkan untuk menjadi motor bagi kemajuan bangsa ini. Karena selama kinerja birokrasi masih buruk, jangan berharap negara ini akan bisa maju.
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top