alexa snippet

Peran Bea Cukai Perlu Ditingkatkan dalam Memberantas Narkoba

Peran Bea Cukai Perlu Ditingkatkan dalam Memberantas Narkoba
Narkoba yang berhasil diamankan aparat kepolisian. Foto/Dok/SINDOnews/Ilustrasi.
A+ A-
JAKARTA - Komisi III DPR mengapreasiasi hasil tangkapan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terus meningkat. Langkah ini dianggap sebagai bagian penting dalam pemberantasan peredaran narkoba yang masuk ke Tanah Air.

Atas dasar itu dipandang perlu penguatan peran terhadap Bea Cukai agar perannya dalam memberantas narkoba lebih maksimal. Pencegahan masuknya narkoba ke Tanah Air merupakan tantangan Bea Cukai.

"Penguatan peran dalam penindakan langsung di lapangan, perlu diberikan," ujar anggota Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Dia yakin penguatan peran Bea dan Cukai mampu mempercepat penanganan penyelundupan narkotika, prsikotropika, dan bahan-bahan adiktif lainnya. "Misalnya
Bea Cukai di lapangan mendapat informasi yang mengindikasikan adanya temuan narkoba, maka dalam tindakan lapangan cepat sangat dibutuhkan," ucapnya.

Anggota Komisi III DPR lainnya, Masinton Pasaribu menambahkan, Bea dan Cukai sebagai garda terdepan harus lebih efektif dalam menggagalkan penyelundupan narkoba. Apalagi, kata dia penyelundupan narkoba banyak terjadi melalui jalut laut. (Baca: Bareskrim Musnahkan 11,4 Kilogram Sabu-sabu)

"Kami mengapresiasi peningkatan pencegahan masuknya narkoba ini terutama di pabeanan  pelabuhan," kata Masinton.



(kur)
loading gif
Top