Album Musik Terlaris Sepanjang Masa

Sabtu, 12 November 2016 - 07:00 WIB
Album Musik Terlaris Sepanjang Masa
Album Musik Terlaris Sepanjang Masa
A A A
SALAH satu tolak ukur untuk melihat sukses tidaknya seorang musisi di panggung tarik suara adalah dengan melihat penjualan album mereka. Berikut album-album musik dunia terlaris sepanjang masa.

1. Thriller-Michael Jackson (51-65 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Inilah album terlaris sepanjang masa yang hingga saat ini belum bisa dikalahkan oleh siapapun. Bayangkan saja, 65 juta kopi! Disamping penjualannya yang luar biasa, prestasi lain yang dihasilkan oleh album ini tak kalah hebatnya. Di antaranya memenangkan 8 Grammy Awards 1984, termasuk Album of The Year. Slant Magazine pun menobatkannya sebagai album terbaik di tahun 1980-an.

2. Dark Side of the Moon-Pink Floyd (45 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Pink Floyd mematahkan anggapan bahwa progresif rock adalah jenis musik yang tidak komersial. Buktinya album Dark Side of The Moon ini dapat terjual hingga 45 juta kopi di seluruh dunia dan bertahan selama 741 minggu pada Billboard 200 selama tahun 1973 sampai 1988. Prestasi yang sangat luar biasa bukan? Selain itu, cover album ini juga merupakan salah satu yang paling ikonik.

3. The Greatest Hits 1971-1975-Eagles (42 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Jika ada album Greatest Hits yang mampu terjual hingga puluhan juta kopi, pastilah album tersebut milik grup musik yang terkenal dengan lagu Hotel California-nya, Eagles. Dirilis pada 1976, Their Greatest Hits (1971-1975) ini berisikan 10 lagu terbaik mereka, salah satunya adalah Desperado yang meski tidak dirilis sebagai single, namun menjadi salah satu lagu terbaik dari grup musik ini.

4. Back in Black- AC/DC (40 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Sama halnya dengan Come On Over milik Shania Twain, Back in Black milik AC/DC pun tidak pernah menempati posisi pertama Billboard 200 meski telah terjual sebanyak 40 juta kopi. Namun setidaknya album ini menghasilkan salah satu lagu terbaik mereka yakni ”You Shook Me All Night Long” yang juga mendapat predikat sebagai salah satu lagu terbaik di tahun 80-an versi VH1.

5. Saturday Night Fever Soundtrack-Bee Gees (40 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Generasi tahun 70-an mana yang tidak kenal lagu Stayin’ Alive? Lagu berirama disco yang cocok untuk berdansa ini merupakan salah satu soundtrack dari film Saturday Night Fever. Saking terkenalnya lagu tersebut hingga berdampak pada meningkatnya jumlah penjualan album kompilasi untuk soundtrack film di atas. Sampai saat ini album Saturday Night Fever tercatat sudah terjual sebanyak 40 juta keeping

6. Rumours-Fletwood Mac (40 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Rumours merupakan album ke-11 dari Grup Musik asal Inggris/Amerika, Fletwood Mac. Selain angka penjualannya yang luar biasa, album ini juga panen pujian dari berbagai kritikus musik. Predikat Album of The Year dalam ajang Grammy Awards 1978 pun jatuh ke tangan mereka. Empat lagu dirilis sebagai single dari album ini, di antaranya ”Go Your Own Way”, ”Don’t Stop”, ”Dreams”, dan ”You Make Loving Fun”.

7. The Bodyguard Soundtrack-Whitney Houston (40 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Walaupun filmnya mendapat review negatif dari para kritikus, namun tidak demikian dengan albumnya. Selain dinobatkan menjadi album terbaik dalam Grammy Awards yang ke-36, single ”I Will Always Love You” yang menjadi lagu utamanya mengantarkan Whitney Houston menerima Grammy untuk kategori Record of The Year dan Best Female Pop Vocal Performance.

8. Come On Over-Shania Twain (39 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Album yang rilis pada November 1997 ini mencatatkan beberapa rekor tersendiri, di antaranya album penyanyi solo wanita terlaris, album country terlaris, album terlaris di Kanada, dan tentu saja salah satu album terlaris sepanjang masa. Berbagai penghargaan diraih Shania berkat album bergenre country pop ini. Uniknya, meski terjual hingga 39 juta kopi, namun Come On Over hanya mampu mencapai posisi kedua dalam Billboard 200.

9. Led Zeppelin IV-Led Zeppelin (37 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Led Zeppelin IV dirilis pada 1971 dimana album ini dibuat dengan kolaborasi Jimmy Page dan Robert Plant. Album salah satu band rock paling terkenal di Inggris ini terjual 37 juta kopi. Lagu-lagu terbaik di album ini antara lain Black Dog, Stairway to Heaven, dan Rock and Roll.

10. Back Out of Hell-Meat Loaf (34 juta kopi)

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Meat Loaf membuat salah satu album terlaris di dunia. Bat Out of Hell dirilis pada 1977 dan terjual sebanyak 34 juta kopi. Diproduseri Todd Rundgren, Meatloaf mencetak sukses besar setelah tampil di Saturday Night Live Show di Amerika Serikat.

Album Terlaris Indonesia

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


1. Bintang di Surga (2004, Peterpan)
Album ini berisikan 10 lagu. Dalam waktu singkat Bintang di Surga sukses menembus angka 1 juta kopi berkat single Ada Apa Denganmu. Ketika Peterpan memperkenalkan seluruh lagunya, album ini akhirnya berhasil terjual hingga 3 juta kopi dan menjadi yang terbanyak sampai sekarang.

2. Ningrat (2000, Jamrud)
Surti Tejo dan Ningrat menjadi lagu andalan dalam album yang dirilis pada tahun 2000 silam. Penjualan album Ningrat sukses menembus 1,8 juta kopi. Angka tersebut membuat Jamrud menjadi band dengan penjualan album tertinggi untuk genre music rock.

3. Sesuatu Yang Tertunda (2001, Padi)
Album Sesuatu Yang Tertunda berisikan 10 lagu. Kesuksesan dalam album ini sudah mulai terlihat ketika 2 minggu perilisan mampu terjual 450 ribu kopi. Total album Sesuatu Yang Tertunda sukses menembus angka 1,8 juta. Dan berkat album ini juga, Padi berhasil meraih penghargaan Best Indonesian Artist pada ajang MTV Asia Awards 2002.

4. Bintang Lima (2000, Dewa)
Album ini berisi 11 lagu dimana penjualan mencapai hingga 1,7 juta kopi. Mengandalkan lagu Roman Picisan, Dua Sejoli, Risalah Hati, Separuh Nafas, Cemburu, dan Lagu Cinta, tak mengherankan memang jika album ini masuk dalam album terlaris sepanjang masa.

5. Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000, Sheila On 7)
Lagu Sephia, Tunjuk Satu Bintang, dan Sahabat Sejati menjadi jagoan dalam album ini. Khususnya lagu Sephia yang paling banyak digemari oleh para penikmat musik. Total album Kisah Klasik Untuk Masa Depan terjual mencapai angka 1,7 juta kopi. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah band yang pada saat itu baru merilis 2 album.

6. Langkah Baru (2004, Radja)
Bulan, Tulus, Jujur, Cinderella, Tetaplah Kau Jadi Milikku, dan Manusia Biasa menjadi lagu andalan dalam album ini. Banyaknya lagu yang menjadi hits tak mengherankan jika album Langkah Baru sukses terjual hingga 1,3 juta kopi.

7. 07 Des (2002, Sheila On 7)
Terdapat 14 lagu dalam album ini dengan hits single lagu Seberapa Pantas, Pria Kesepian, dan Tunjukkan Padaku. Album 07 Des sukses menembus angka 1,3 juta kopi. Angka jutaan kopi tersebut sebenarnya bukan hal yang asing bagi Sheila On 7 karena di album sebelumnya mereka sukses menorehkan prestasi yang sama.

10 Band dan Penyanyi dengan Bayaran Termahal

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


1. Slank Rp500 juta per show
2. Dewa Rp500 juta per show
3. Noah Rp400 juta per show
4. Ungu Rp350 juta per show
5. Iwan Fals Rp300 juta per show
6. Nidji Rp275-280 juta per show
7. Yovie and Nuno Rp250-275 juta per show
8. Gigi Rp200 juta per show
9. ST12/Setia Band Rp170-180 juta per show
10. Kerispatih Rp140-150 juta per show

Album Musik Terlaris Sepanjang Masa
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3666 seconds (0.1#10.140)