Generasi Muda Bisa Mencontoh Nasionalisme Gus Dur

Rabu, 09 November 2016 - 15:34 WIB
Generasi Muda Bisa Mencontoh Nasionalisme Gus Dur
Generasi Muda Bisa Mencontoh Nasionalisme Gus Dur
A A A
JAKARTA - Banyak teladan yang bisa diambil bangsa Indonesia, khususnya generasi muda dalam melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai macam gangguan. Beberapa di antaranya menyangkut kejujuran, integritas, tanpa pamrih, dan toleran.

Tokoh kebangsaan Romo Franz Magnis Suseno mencontohkan, sikap kepahlawan Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur. Dia menilai Gus Dur adalah salah satu figur yang patut dicontoh dalam menghargai persatuan dan dan keberagaman di Indonesia.

Sebagai seorang nasionalis, kata dia Gus Dur sangat mantap sebagai seorang muslim. Tapi dia juga memiliki toleransi yang luar biasa dalam melihat berbagai persoalan kebangsaan yang ada.

"Seluruh bangsa Indonesia harus bisa mengambil teladan dari para pahlawan untuk menjaga kemerdekaan RI yang telah diperjuangkan dulu,” ujar Franz Magnis Suseno di Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Dia menerangkan, zaman kemerdekaan, pahlawan adalah sosok yang ikut berperang mengusir penjajah. Namun, zaman sekarang, pahlawan sejati bisa
diwujudkan dengan menjaga NKRI dari ancaman radikalisme dan terorisme. (Baca: Penjelasan Jokowi Soal Kabar Pergantian Panglima TNI)

"Nilai-nilai kepahlawanan itu harus selalu ditumbuhkan, agar semangat anak muda Indonesia untuk menjadi teladan dan berbuat positif bagi bangsa Indonesia terus bergelora," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9552 seconds (0.1#10.140)