Indonesia Perkuat Alat Pertahanan di Perairan Natuna

Kamis, 27 Oktober 2016 - 14:23 WIB
Indonesia Perkuat Alat Pertahanan di Perairan Natuna
Indonesia Perkuat Alat Pertahanan di Perairan Natuna
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus memperkuat alat pertahanan untuk mengamankan Perairan Natuna‎. Salah satunya membuat landasan yang bisa ditempati pesawat tempur dan pesawat biasa.

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan, proses pembuatan landasan sudah dimulai. Menurutnya, sekarang tahap pelebaran tanah sekitar 45 meter.

"‎Lalu landasan itu akan diperpanjang lagi beberapa meter ke laut," ujar Ryamizard usai Press Briefing capaian dua tahun Jokowi-JK di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Dia menerangkan, kebijakan itu dilakukan untuk mengantisipasi kondisi genting di wilayah tersebut. Dia menambahkan, dalam kondisi genting itu pesawat tempur yang bertugas langsung meluncur. (Baca: 60% Persenjataan Indonesia Tak Siap Hadapi Ancaman Luar)

Penguatan pertahanan lainnya di perairan Natuna, kata dia dengan menempatkan keberadaan meriam penangkis udara sisi kiri dan kanan yang diperkuat oleh satu kompi Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara (AU).

Bahkan, pihaknya telah menyiapkan flight pesawat, radar, dan drone untuk memantau dan mengantisipasi ‎kemungkinan adanya ancaman. "Sehingga apa yang terjadi di Laut China Selatan bisa terjadi di Jakarta," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2014 seconds (0.1#10.140)