Ada Dugaan Pungli Seleksi Wasit, Erick Thohir: Nanti Saya Gigit Sendiri

Kamis, 06 Juli 2023 - 09:02 WIB
loading...
Ada Dugaan Pungli Seleksi Wasit, Erick Thohir: Nanti Saya Gigit Sendiri
Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir bakal mengambil tindakan tegas jika ditemukan kasus pungutan liar (pungli) saat seleksi wasit / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir bakal mengambil tindakan tegas jika ditemukan kasus pungutan liar (pungli) saat seleksi wasit. Dia menegaskan akan 'menggigit sendiri' pelaku pungli itu.

Seleksi wasit untuk Liga 1 2023-2024 sejatinya sudah selesai. PSSI bekerja sama dengan Asosiasi Sepak bola Jepang (JFA) untuk menyaring wasit-wasit terbaik pada 15-16 Juni 2023 lalu.

Para wasit itu wajib mengikuti tiga tes, yakni Fitness Test FIFA Kategori 2, Video Test, dan Law of The Game (LoTG) Test. Selama ujian itu, mereka diawasi oleh dua instruktur wasit JFA, Yoshimi Ogawa dan Toshiyuki Nagi.



PSSI dan JFA pun berhasil menemukan 18 wasit terbaik yang berhasil lolos seleksi. Namun, muncul dugaan adanya pungli dalam proses seleksi wasit tersebut.

Menyoal dugaan kasus pungli tersebut, Erick menyatakan akan mengambil tindakan tegas. "Kalau ada (bukti pungli) kasih saya nanti saya gigit sendiri. Karena yg pasti itu sudah ada pengawasan dari (Yoshimi) Ogawa dari Jepang," kata Erick kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta pada Rabu (5/7/2023) kemarin.

"Saya rasa wasit-wasit Jepang ini mereka diajak nonton Argentina versus Indonesia aja gamau karena tugas komitmen mereka belum selesai," tambahnya.



Sementara itu, Erick sendiri secara tegas memproklamirkan diri untuk memimpin Komite Wasit. Pria berusia 53 tahun itu siap memberikan efek jera untuk wasit-wasit yang nakal.

"Jadi komite wasit saya pimpin sendiri. Kalau ada yang aneh-aneh kan bisa dihukum seumur hidup langsung," ujar Erick.

"Tapi kalau ada (bukti pungli wasit) kasih saya, biar saya gigit, mumpung komite wasit nih," tandasnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)