alexametrics

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia

loading...
4. Kosta Rika
Kosta Rika akan baik-baik saja tanpa militer. Itulah yang diyakini pemerintah dan rakyatnya. Penghapusan militer dilakukan pada 1948.

5. Liechtenstein
Liechtenstein merupakan negara yang mengambil keputusan menghapus kekuatan militernya secara sukarela. Penghapusan kekuatan militer dilakukan pada 1868 setelah terjadinya Perang Austro-Prusia.

6. Marutius
Sejak memperoleh kemerdekaan pada 1968, Mauritius menghapus kekuatan militernya. Negara ini tidak pernah mengembangkan pertahanan nasional. Sebagai negara dengan ekonomi terkuat di Afrika, Mauritius hanya menghabiskan 0,3% dari produk domestik brutonya untuk pertahanan, yang terdiri dari kepolisian, special mobile force (SMF), dan penjaga pantai.

7. Panama
Panama mengalami masalah bahkan trauma dengan militer terkait seringnya terjadi kudeta. Hal itulah yang melatarbelakangi negara tersebut menghapus militernya pada 1994, didahului dengan amandemen konstitusi.

8. Vatikan
Vatikan tercatat sebagai negara terkecil di dunia. Saat ini yang bertugas menjaga keamanan Vatikan adalah pasukan Kepausan Swiss Guard. Meski tidak memiliki kekuatan militer, Vatikan tidak perlu takut jika diserang negara lain. Italia bertanggung jawab sepenuhnya melindungi negara kecil yang terletak di dalam kota Roma tersebut.

9. Kepulauan Marshall
Berada di Samudera Pasifik, wilayah Kepulauan Marshall dikelilingi lautan. Negeri ini bergantung kepada AS untuk mengamankan negerinya.

10. Andorra
Andorra terletak di perbatasan Prancis dan Spanyol. Negeri mungil ini tidak memiliki tentara. Untuk melindungi wilayahnya, mereka bergantung kepada Prancis dan membuat sejumlah perjanjian dengan negara-negara Eropa lainnya.
(poe)
halaman ke-5 dari 5
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak