Survei SMRC Ungkap Peluang Erick Thohir Jadi Bacawapres Ganjar

Kamis, 29 Juni 2023 - 18:32 WIB
loading...
Survei SMRC Ungkap Peluang Erick Thohir Jadi Bacawapres Ganjar
Founder Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani, menyebutkan nama Menteri BUMN yang juga Ketua PSSI, Erick Thohir dalam bursa cawapres. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Founder Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani, menyebutkan nama Menteri BUMN yang juga Ketua PSSI, Erick Thohir . Dia menjadi salah satu nama Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) paling potensial untuk mendampingi Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDIP, Ganjar Pranowo .

Hal tersebut disampaikan dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani episode 'Bakal Calon Wakil Presiden Pilihan Publik, Kamis (29/6/2023).

"Erick Thohir ini sudah disosialisasikan dan ET sendiri sudah cukup banyak melakukan sosialisasi. Dan sudah ada PAN yang menjagokan Erick menjadi Cawapres kalau PAN berkoalisi dengan PDIP Ganjar ataupun Gerindra dengan Prabowo," ujar Saiful Mujani.



Ia menyebutkan selain nama Erick Thohir adapula nama kandidat lainnya yang baru-baru ini didengungkan seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Nama Ridwan Kamil menarik dan penting karena provinsi paling besar. Cuman kita menghitung Ridwan Kamil itu berasal dari Partai Golkar. Namun kita lebih mempertimbangkan Ketum Golkar untuk menjadi Cawapres kalaupun ingin disandingkan dengan Ganjar," kata dia.

Terkait nama Bacawapres lainnya yakni TGB Zainul Majdi dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) disebut Saiful Mujani juga menjadi salah satu nama yang berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

"Tuan Guru Bajang itu juga menarik dia tokoh di luar Jawa dari NTB, provinsi yang cukup besar, dan punya dua kali pengalaman menjadi Gubernur, dan juga merupakan tokoh muslim di Indonesia itu faktor yang perlu dipertimbangkan," kata Saiful Mujani.

Terkait nama TGB sebagai Cawapres Ganjar Pranowo, Saiful Mujani menyebutkan, hal tersebut baru muncul baru-baru ini, sehingga pihaknya belum mendapatkan data baru untuk memantau sejauh mana TGB mendapatkan dukungan dari masyarakat.

"Karena salah satu unsur yang patut dipertimbangkan untuk menjadi Cawapres adalah seberapa besar dukungan dari pemilih dan dapat mendongkrak suara Capres-nya. Perlu ada observasi untuk memantau Capresnya memenangkan Pilpres," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)