Kakorlantas Polri Pantau Langsung Arus Balik Libur Idul Adha

Selasa, 13 September 2016 - 00:08 WIB
Kakorlantas Polri Pantau Langsung Arus Balik Libur Idul Adha
Kakorlantas Polri Pantau Langsung Arus Balik Libur Idul Adha
A A A
JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Agung Budi meninjau langsung arus balik libur panjang Idul Adha di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi. Agung menyempatkan diri menyapa para pemudik yang akan memasuki Jakarta.

"Saya informasikan secara umum dari pantauan sampai pukul 19.30 WIB untuk wilayah selatan, tadi saya kontrol ke sana, saya cek antrian padat tetapi tetap berjalan, mulai dari Tasik arah Bandung sekarang satu arah. Artinya arus balik lagi berlangsung di sana," ungkap Agung, Senin (12/9/2016).

Dia menambahkan, arus lalu lintas dari Brebes Timur yang dikhawatirkan padat ternyata lancar tidak ada antrian di pintu Tol Brebes Timur. "Di Pejagan tidak ada, ya malah lebih panjang ini (di GT Cikarang Utama 3) dari pada yang di Pejagan paling panjang 200 meter," tegasnya.

Agung menerangkan, sempat terjadi kepadatan di km 66 Tol Cikampek arah Jakarta, karena ada pertemuan antara Tol Cipali dengan Tol Cipularang. Namun hasil informasi dari anggota di lapangan, volume kendaraan justru tinggi dari arah Bandung yang menggunakan Tol Cipularang.

"Jadi sekarang agak padat di km 66 sampai di km 69 itu padat. Di rest area km 62 juga padat tapi tetap berjalan tidak ada dilakukan penyetopan atau menghentikan jadi tetap berjalan," tegasnya.

Sementara pantauan di Gerbang Tol Cikarang Utama hanya terjadi antrean sekira 300 meter. Arus balik menuju Jakarta pun diprediksi lancar.

"Saya sudah tanya ke gardu sini sampai dengan sekarang yang sudah masuk itu batu 46.000 kendaraan sedangkan normal itu biasanya hampir 60.000 ribu. Jadi memang masih pada di belakang jadi kita tunggu sebentar lagi sampai sini," tuturnya.

Jenderal polisi bintang dua ini menyatakan, jika nantinya terjadi kemacetan hingga 5 kilometer di Gerbang Tol Cikarang Utama, maka akan diberlakukan pembukaan Gate secara gratis.

"Kami sudah sepakat manakala nanti memang nanti di Cikarang Utama antrian sampai lebih dari 5 km nanti diberi kesempatan gate tol bisa dibuka secara gratis. Namun, saya prediksi sih tidak sampai 5 km karena gate tol buka semua. kita tunggu 2 sampai 3 jam ke depan. Puncak arus balik bisa sampai tengah malam nanti," paparnya.

"Perkiraan saya puncaknya sekitar jam 12 atau 1 dini hari karena saya monitor masih ada yang antri di daerah Nagrek," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7882 seconds (0.1#10.140)