Calon Kapolri, Jokowi Ajukan Nama Tunggal Tito Karnavian ke DPR

Rabu, 15 Juni 2016 - 13:47 WIB
Calon Kapolri, Jokowi Ajukan Nama Tunggal Tito Karnavian ke DPR
Calon Kapolri, Jokowi Ajukan Nama Tunggal Tito Karnavian ke DPR
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Ade Komarudin (Akom) menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan satu nama sebagai pengganti Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Akom mengatakan, Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) memilih Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Tito Karnavian melalui surat yang diberikan kepada DPR.

"Jadi tadi saya sebelum ke sini, Mensesneg Menteri Sekretaris Negara, beliau (Mensesneg) menyampaikan surat kepada dewan," kata Akom saat melakukan sidak ke Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2016).

"Surat tersebut berisi presiden meminta pencalonan Komjen Tito Karnavian, sebagai satu-satunya yang menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti," imbuh Akom.

Politikus Partai Golkar ini menjelaskan, DPR segera memproses nama yang diajukan Jokowi ini. "Insya Allah besok kita akan rapat pimpinan (rapim) dan menyampaikan pencalonan Komjen Tito," jelasnya.

"Sebelum ke sini (melakukan sidak ke stasiun Gambir), Mensesneg, Pimpinan, Bamus (Badan Musyawarah), disampaikan ke Paripurna, pencalonan Kapolri sudah ada. Setelah itu diproses di Komisi III untuk fit and proper test," tandasnya.

Akom menyebut, Pimpinan DPR telah melakukan komunikasi mengenai hal ini kepada Komisi III. Dan saat ini, DPR masih harus menunggu keputusan sesuai dari hasil bamus.

"Saya sudah komunikasi dengan Ketua Komisi III, kita tunggu akan diputuskan di Bamus, atau rapat fraksi pengganti dari Bamus. Mungkin bisa dilakukan pada 22 Juni ya," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0279 seconds (0.1#10.140)