Punya Modal Komplet, Erick Thohir Makin Terbuka Diusung Jadi Cawapres 2024

Senin, 29 Mei 2023 - 19:34 WIB
loading...
Punya Modal Komplet, Erick Thohir Makin Terbuka Diusung Jadi Cawapres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai memiliki banyak keunggulan untuk diusung maju sebagai cawapres di Pilpres 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai memiliki banyak keunggulan untuk diusung maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Sosoknya pun terbuka dipinang siapa saja karena bukan merupakan kader salah satu partai politik.

Penilaian ini disampaikan pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi. "Pak Erick Thohir ini bisa dikatakan sebagai figur yang terbuka untuk berbagai macam negosiasi politik dengan partai politik sebetulnya," kata Ade, Senin (29/5/2023).

Menurutnya, Erick Thohir menjadi figur yang banyak diinginkan maju sebagai cawapres pada Pilpres 2024. Hal itu tidak terlepas dari daya tarik elektoral Erick Thohir yang terus naik signifikan.



"Erick Thohir melengkapi sumber daya politik yang bisa dijadikan sebagai instrumen untuk melakukan negosiasi politik dalam kerangka Pilpres," ujar Ade.

Selain itu, kata dia, posisi Erick Thohir yang bukan kader parpol turut memberi dampak positif elektoral. Mantan Presiden Inter Milan itu makin mendapat kepercayaan kuat dari semua kalangan masyarakat.

"Jadi belum ada yang memiliki dan meminang (Erick Thohir), sehingga berbagai macam peluang untuk bernegosiasi dengan partai politik masih sangat terbuka," ucap Ade.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil survei Indo Strategi pada 1-10 Mei 2023, Erick Thohir menjadi sosok yang paling banyak dipilih sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024. Dari simulasi cawapres, Erick Thohir mendapatkan angka elektabilitas sebesar 17,4% dan bertengger di posisi pertama.

"Responden diberi pertanyaan terbuka tentang sosok cawapres 'Jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini siapakah dari tokoh berikut yang akan Anda pilih menjadi wakil Presiden?". Nama Menteri BUMN Erick Thohir menduduki posisi teratas," kata Direktur Indo Strategi Arif Nurul Imam dalam pemaparan Hasil Survei Peta Dukungan Capres Jelang Pemilu 2024 yang dilaksanakan secara daring, Rabu (17/5/2023).



Di belakang Erick Thohir, terdapat Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Masing–masing memiliki elektabilitas sebesar 14% dan 11,8%.

Di bawah tiga besar, terdapat nama–nama lain yang tidak mencapai elektabilitas sebesar 10%. Nama–nama ini adalah Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menaprekraf Sandiaga Uno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"8,7%; AHY 8%; Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil sebanyak 8%," ujar Imam.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)