Partai Perindo Anggap Wanita Letakkan Al-Qur'an di Samping Pekong Perlu Diberikan Pemahaman

Sabtu, 27 Mei 2023 - 19:37 WIB
loading...
Partai Perindo Anggap Wanita Letakkan Al-Quran di Samping Pekong Perlu Diberikan Pemahaman
Ketua Bidang Keagamaan DPP Partai Perindo Abdul Khaliq Ahmad. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Keagamaan DPP Partai Perindo Abdul Khaliq Ahmad berpendapat seorang wanita yang meletakkan Al-Qur'an di samping Petong atau Patung Dewa di Kelenteng Medan, perlu mendapatkan pemahaman. Menurut Abdul Khaliq, pencerahan perlu dilakukan jika wanita itu tidak mengetahui bagaimana memuliakan kitab suci.

"Sekiranya tindakan tersebut semata-mata karena kelalaian dan ketidakmengertian, maka bagi yang bersangkutan perlu diberikan pemahaman dan pencerahan bahwa kitab suci itu sesuatu yang wajib dihormati sebagai pedoman dan panduan hidup umat manusia. Bahkan, ada adab atau aturan dalam menghormatinya," kata Abdul Khaliq, Sabtu (27/5/2023).

Abdul Khaliq Ahmad, yang merupakan bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Jawa Barat II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) itu, menjelaskan, penghormatan terhadap Al-Qur'an dan kitab-kitab suci lainnya merupakan suatu kewajiban.Hal itu sebagai perwujudan keimanan yang sudah seharusnya dilakukan oleh para pemeluk agama, baik samawi maupun nonsamawi.



Agama sawawi adalah agama yang turun dari langit berlandaskan wahyu Tuhan melalui para rasul kepada umat manusia, seperti Yahudi, Kristen, dan Islam. Adapun, agama nonsamawi adalah yang berkembang berdasarkan budaya, daerah, pemikiran seseorang yang diterima secara global, dan bukan berlandaskan wahyu, seperti Hindu, Budha, dan Konghucu.

Karena itu, Abdul Khaliq menegaskan keberadaan kitab-kitab suci dari agama samawi ataupun nonsamawi wajib dihormati, baik oleh pemeluk agamanya maupun pemeluk agama lain.

"Dalam agama Islam, mengimani dan menghormati kitab-kitab suci Zabur, Taurat, Injil, dan Al-Qur'an merupakan salah satu rukun dari enam Rukun Iman yang wajib diyakini oleh setiap muslim," ujar politisi Partai Perindo, partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu.

Abdul Khaliq menambahkan, penghormatan terhadap kitab suci juga merupakan wujud toleransi dan moderasi beragama yang sangat diperlukan bagi bangsa dan negara Indonesia yang sangat plural.

"Sikap saling menghormati pada agama dan kitab-kitab sucinya adalah bagian dari kedewasaan kita dalam berpolitik. Salah satu hal yang fundamental bagi pengembangan kualitas demokrasi di Indonesia," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)