alexa snippet

Gerindra dan PSI Parpol Paling Sistematis Kampanye di Medsos

Gerindra dan PSI Parpol Paling Sistematis Kampanye di Medsos
Ilustrasi Partai Gerindra, (SINDOphoto).
A+ A-
JAKARTA - Partai Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tercatat menjadi partai politik (parpol) yang melakukan kampanye sistematis, terpogram dan terarah melalui media sosial (medsos).

"Dua partai ini memiliki konten yang secara sitematis dikemas dan disajikan melalui beberapa platform media sosial," kata Direktur Institute for Transformation Studies (Intrans) Andi Saiful Haq di bilangan Jalan Veteran, Jakarta Pusat, kemarin.

Pemantauan dilakukan pada 1 Februari 2016 hingga 14 Maret 2016 dan dilakukan dengan cara mengumpulkan data aktivitas medsos dari 10 parpol Facebook fans, Twitter followers, Instragram followers, Google+ followers, dan Youtube subscribes.

Andi mengungkapakan, selama ini partai besar seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih mengandalkan kekuatan organik dan simpatisan untuk berkampanye di medsos.

"Ada beberapa tokoh ataupun kader PDIP yang cukup aktif menggunakan media sosial dengan mengangkat konten-konten partai," ucap Andi.

Andi mengatakan, dalam mengelola medsos, parpol harus mampu menghadirkan konten yang menarik perhatian publik. Perhatian publik bisa diperoleh dari konten bergambar tematik.

Menurut Andi, Gerindra mengandalkan materi tematik. Dalam posisi sebagai partai oposisi, berbagai konten yang berseberangan atau sekadar mempertanyakan kebijakan pemerintah, mendapatkan sambutan luar biasa dalam hal komentar.

"Meskipun konten dengan komen terbanyak jatuh pada PSI yakni video Grace Natalie di ILC tentang Pilkada DKI," kata Andi.

Untuk periode riset ini, dari seluruh indikator, like, comment, share, engagement total, avarage, konten video milik PSI yang menampilkan sang Ketua Umum Grace Natalie ketika berbicara di Indonesian Lawyer Club TVOne mendapatkan predikat the most engaging content, dengan jumlah 31.627 likes, 4.273 komentar dan 8.509 share, serta melibatkan 1.086.005 audiens.



(maf)
loading gif
Top