Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki

Kamis, 17 Maret 2016 - 05:20 WIB
Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki
Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki
A A A
KOREA Utara mengejutkan dunia pada awal 2016. Negeri tertutup yang dipimpin Kim Jong-un itu mengklaim telah sukses menguji bom hidrogen, bom berkekuatan 25.000 kali dari bom nuklir yang memporak-porandakan Hiroshima dan Nagasaki, Jepang saat Perang Dunia II.

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Apa Itu Bom Hidrogen?

- Terciptanya bom hidrogen tak lepas dari pengembangan senjata nuklir.
- Merupakan jenis paling kuat dari bom nuklir, dengan kekuatan hingga 25.000 kali bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.
- Kekuatan ledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki setara dengan 15-20 kiloton TNT.
- Kerap dinamakan sebagai senjata termonuklir.
- Bom hidrogen mendapatkan energinya melalui fusi atom, sedangkan bom atom biasa mendapatkannya melalui fisi atom.
- Tipe bom nuklir ini didasarkan pada proses fusi nuklir yang menggabungkan isotop-isotop hidrogen (deuterium dan tritium).
- Bom dari reaksi fusi lebih canggih dan lebih sulit dibuat, karena memerlukan suhu yang lebih tinggi—bisa mencapai jutaan derajat celsius.
- Bom hidrogen menggabungkan kedua fisi nuklir dan fusi nuklir untuk menghasilkan ledakan jauh lebih kuat.
- Lebih mudah membuat bom hidrogen dalam ukuran kecil, sehingga lebih mudah ditempatkan dalam sebuah misil.
- Sejauh ini merupakan senjata paling merusak yang pernah diciptakan manusia.
- Bom hidrogen terkuat yang pernah dibuat ialah Tsar Bomba (kaisar dari segala bom) dengan kekuatan 50 megaton TNT. Bom ini dibuat oleh Uni Soviet dan diuji coba pada 30 Oktober 1961. Ledakannya menghasilkan jamur api setinggi 94 km, menyebabkan radiasi meluas hingga 62 mil.
- Jumlah energi yang dilepaskan oleh pembelahan bom dapat berkisar dari sekitar 1 ton TNT hingga sekitar 500.000 ton (500 kilo ton) dari TNT.

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Uji coba pertama
- Prinsip dari bom hidrogen pertama kali diuji coba oleh militer Amerika Serikat (AS) pada 9 Mei 1951.
- Uji coba resmi bom hidrogen dilakukan AS pada 1 November 1952 di Atol Enewetak, Pasifik. Bom hidrogen pertama itu dinamakan Ivy Mike.
- Kekuatan ledakan Ivy Mike setara dengan 10.000 kiloton TNT
- Bom hidrogen Ivy Mike ini menghapuskan sebuah pulau yakni Elugelab Island.

Dua Tipe Senjata Nuklir
- Tipe pertama menghasilkan energi yang ledakannya hanya dari proses reaksi fisi. Senjata nuklir tipe pertama inilah yang dinamakan bom atom atau atomic bomb atau juga dikenal sebagai A-bombs. Energi bom atom ini hanya diproduksi dari inti atom.
- Tipe senjata nuklir kedua adalah bom hidrogen (H-bomb). Bom ini prinsip pembuatannya dengan memproduksi sebagian besar energi melalui reaksi fusi nuklir.

Bom Hidrogen vs Bom Atom
Perbedaan di antara kedua bom ini berada pada tingkat atom

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Bom Atom

- Bekerja dengan memisahkan inti atom. Saat neutron atau partikel netral dari pemisahan itu memukul inti atom terdekat, maka neutron memisah juga. Hasil dari proses ini yaitu reaksi berantai yang sangat eksplosif.
- Menurut Union of Concerned Scientists, bom atom Hiroshima dan Nagasaki meledak dengan 15 kiloton dan 20 kiloton TNT.

Bom Hidrogen
- Bom hidrogen memulai ledakan dengan proses reaksi pemisahan yang sama pada bom atom. Pada bom atom mayoritas uranium atau plutonium sebenarnya tak digunakan. Dalam bom hidrogen, ada tambahan tahapan yang membuat ledakan bom ini makin besar.
- Dalam proses bom hidrogen, ledakan pemicu memadatkan bola plutonium-239, yang kemudian akan menjalankan pembelahan.
- Di dalam lubang plutonium-239 merupakan ruangan gas hidrogen. Suhu dan tekanan tinggi yang diciptakan pembelahan plutonium-239 menyebabkan atom hidrogen menyatu.
- Proses penyatuan ini merilis neutron yang akan memberikan umpan balik ke plutonium-239. Pada akhirnya proses ini akan memisah banyak atom dan meningkatkan pembelahan reaksi berantai.

Fusi dan Fisi
Merupakan jenis reaksi berbeda yang melepaskan energi atom.
• Dalam fisi, sebuah atom dibelah menjadi dua atau lebih, sehingga atom menjadi lebih ringan.
• Fusi kebalikannya, terjadi ketika dua atau lebih atom dilebur menjadi satu, menciptakan atom yang lebih besar dan berat.
sumber: Live Science

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Negara yang Diyakini Pernah Uji Coba Bom Hidrogen

Terkonfirmasi
- Amerika Serikat (1992)
- Inggris (1991)
- Prancis (1996)
- Rusia (1990)
- China (1996)

Laporan Uji Coba Sukses Tapi Masih Dalam Sengketa
- Israel (1970)
- Pakistan (1996)
- India (1998)
- Korea Utara (2016)

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Fakta Tentang Senjata Nuklir
- Bom atom pertama dikembangkan melalui proyek Manhattan di Amerika Serikat. Proyek Manhattan adalah sebuah percobaan dalam Perang Dunia II untuk mengembangkan senjata nuklir pertama oleh AS dengan bantuan dari Inggris dan Kanada
- Selama Perang Dunia Kedua, Hiroshima dan Nagasaki di Jepang hancur ketika 2 bom nuklir bernama Little Boy dan Fat Man dijatuhkan kedua tempat tersebut.
- Pada 1952, sebuah bom hidrogen diuji di Pasifik oleh Amerika Serikat
- Rusia dan Amerika Serikat adalah dua negara yang memiliki nuklir terbanyak di dunia diikuti Prancis, Inggris dan China.
- Jumlah terbesar hulu ledak nuklir di AS disimpan dalam fasilitas di Bangor, Washington. Tapi fasilitas penyimpanan terbesar adalah di Albuquerque, New Mexico.
- Lebih dari 2.300 hulu ledak nuklir siap diluncurkan di Amerika Serikat.
- Sebanyak 188 negara telah menandatangani pelarangan penggunaan senjata kimia oleh Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia yang berdiri pada 1997.
- Bom atom pertama diuji di Alamogordo Desert di New Mexico pada 16 Juli 1945.
- Bom uranium dijuluki Fat Boy dan bom plutonium dijuluki Little Boy.

Nuklir Paling Mematikan

1. Nuklir R-36M2 'Satan' (ICBM) buatan Rusia

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


R-36M2 mempunyai 10 hulu ledak nuklir dengan kekuatan per buah sekitar 750 kiloton bom TNT. Kecepatannya ditaksir sekitar 8 kilometer per detik dan mampu menjangkau area 11.000 kilometer jauhnya. R-36M2 Satan sampai saat ini disebut sebagai senjata nuklir yang paling ditakuti oleh Amerika. pihak Rusia mengatakan akan mempensiunkan senjata nuklir ini di tahun 2019.

2. Rudal Dong Feng-5 (ICBM) dari China

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Rudal nuklir antar benua China ini bisa menghancurkan satu negara kecil dalam sekejap. DF-5/5A atau Dong Feng 5 dilengkapi dengan sebuah hulu ledak nuklir raksasa dengan kekuatan setara 5 megaton bom TNT. Jarak yang bisa ditempuh pun mencapai 12.000 kilometer.

3. R29RMU2 'Layner' (SLBM), Rusia

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Senjata nuklir paling baru milik Rusia yang baru resmi beroperasi tahun 2014. Layner mampu membawa lebih banyak hulu ledak nuklir yakni sekitar 12 hulu ledak nuklir dengan kekuatan 100 kiloton per buahnya.

4. Bom Nuklir UGM-133 'Trident II' (SLBM) milik Amerika dan Inggris

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Saingan terberat R29RMU2 Layner milik Rusia adalah Trident II yang dimiliki bersama oleh Amerika dan Inggris. Walau sudah beroperasi sejak 1990, senjata ini rutin diupgrade. Tidak mau kalah dengan Layner, Trident II mampu menampung sekitar 14 hulu ledak nuklir dengan kekuatan 475 kiloton bom TNT per buah. Jarak terjauh yang bisa dilibas oleh senjata ini mencapai 11.000 kilometer.

5. Senjata Pemusnah Massal LGM-30G 'Minuteman III' (ICBM) Amerika

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Meskipun tergolong senjata nuklir tua yang dibuat pada 1970, Minuteman III masih menjadi rudal nuklir antarbenua sangat menakutkan. Terlebih pasca diperbaharui dengan dana tak kurang dari USD7 miliar sekitar 10 tahun lalu. Kini Minuteman III memiliki hulu ledak berkekuatan 475 kiloton bom TNT yang mampu terbang dengan kecepatan 8 kilometer per detik.

6. RSM-56 'Bulava' (SLBM), Rusia

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Bulava adalah jenis senjata nuklir SLBM (Submarine-launched Ballistic Missile) dipersenjatai dengan 6-10 hulu ledak nuklir berkekuatan 150 kiloton bom TNT per buahnya. Senjata nuklir yang resmi dipakai pada 2013 ini bisa menjangkau target sejauh 8.000 kilometer dan terbang sampai ketinggian 300 meter.

7. Nuklir RT-2UTTKh 'Topol-M' (ICBM) buatan dari Rusia

Bom Hidrogen 25 Ribu Kali Bom Hiroshima-Nagasaki


Rusia membekali senjata ini dengan satu hulu ledak nuklir berjenis ICBM (Intercontinental Ballistic Missile) atau rudal antar benua berkekuatan 800 kiloton TNT. Yang membuat lawan takut, Topol-M bisa menampung sebanyak 6 hulu ledak sekaligus. Senjata ini juga dikenal sulit untuk dihancurkan setelah diluncurkan karena memiliki tambahan roket pengecoh dan kecepatan kilat, sekitar 7,3 kilometer per detik.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6205 seconds (0.1#10.140)