Filipina Godok UU Baru yang Memungkinkan Berdirinya Musala di Fasilitas Umum

Minggu, 07 Mei 2023 - 14:38 WIB
loading...
Filipina Godok UU Baru yang Memungkinkan Berdirinya Musala di Fasilitas Umum
Pembangunan musala di fasilitas umum dapat menarik wisatawan dari negeri Muslim. Foto/Ilustrasi: AFP
A A A
Kongres Filipina tengah menggodok sebuah undang-undang yang bakal mewajibkan seluruh fasilitas umum dan kantor-kantor swasta dilengkapi adanya musala. Langkah ini bertujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan dari Timur Tengah .

Penduduk Filipina mayoritas Katolik . Muslim mencapai sekitar 5% dari hampir 110 juta penduduknya. Sebagian besar muslim tinggal di pulau Mindanao dan kepulauan Sulu di selatan negara itu, serta di provinsi Palawan di tengah-barat.



RUU tersebut diajukan di Kongres Filipina pada 8 Februari oleh anggota parlemen Mujiv Hataman dari Basilan di Daerah Otonomi Bangsamoro – daerah otonom yang sebagian besar Muslim di bagian barat daya pulau Mindanao.

Menurut seorang anggota parlemen Filipina kepada Arab News UU yang diusulkan No. 7117 berusaha mengamanatkan alokasi setidaknya satu musala Muslim di setiap fasilitas publik, termasuk bandara, terminal transportasi, rumah sakit, kamp militer, mal, pabrik, dan perusahaan bisnis besar lainnya milik pribadi.

Bagi umat Islam, musala semacam itu “sangat penting untuk menjalankan keyakinan Islam mereka secara bebas,” kata Hataman dalam catatan yang menyertai pengenalan RUU tersebut, dengan alasan bahwa ruang tersebut harus tersedia di fasilitas yang dimaksudkan untuk penggunaan umum.

"Tetapi ada juga faktor ekonomi yang perlu dipertimbangkan," kata Hataman. "Karena musala seperti itu dapat menarik wisatawan Muslim internasional. Ada banyak pengusaha dan pelancong Muslim,” tambahnya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)