Elektabilitas Ganjar Pranowo Beda Tipis dengan Anies Baswedan

Selasa, 21 Juli 2020 - 14:40 WIB
loading...
Elektabilitas Ganjar Pranowo Beda Tipis dengan Anies Baswedan
Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbeda tipis berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 13-16 Juli 2020. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbeda tipis berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 13-16 Juli 2020. Dari survei itu, elektabilitas Ganjar Pranowo paling unggul dari 14 orang tokoh lainnya, yakni sebesar 16,2%.

Sedangkan Anies Baswedan berada di urutan kedua teratas, yakni 15,0%. Kemudian disusul oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan 13,5%, Sandiaga Salahuddin Uno dengan 9,2%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 8,6%, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 6,8%.

"Ada enam nama yang relatif tinggi, satu adalah Pak Ganjar, kemudian Mas Anies, kemudian Pak Prabowo secara statistik tidak signifikan nih. Tiga nama ini, Ganjar meskipun berada di peringkat pertama, itu tidak beda secara signifikan dengan Anies Baswedan, juga tidak signifikan bedanya dengan Pak Prabowo," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam jumpa pers secara daring, Selasa (21/7/2020).( )

Dia mengatakan, Sandiaga tidak signifikan bedanya dengan Prabowo setelah diamati sejak Februari. "Tetapi mungkin signifikan bedanya dengan Pak Ganjar. Mas AHY mengalami kenaikan dibanding bulan Februari 2020," ungkapnya.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 3,6%, Ketua DPR RI Puan Maharani 2,0%, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 1,4%, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 1,3%, Menteri BUMN Erick Thohir 1,0%.

Lalu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD 0,8%, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto 0,3%, serta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sama-sama 0,2%.( )

Sedangkan pertanyaan yang diajukan ke responden adalah jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu atau bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut ini.

Sekadar diketahui, survei itu dilakukan dengan cara menelepon responden. Jumlah sampel yang dipilih secara acak untuk ditelepon sebanyak 5.872 data, dan yang berhasil diwawancarai dalam durasi survei yaitu sebanyak 1.200 responden.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)