Rudal Pembunuh Kapal Induk China Bikin Ciut Nyali AS

Jum'at, 14 April 2023 - 15:52 WIB
loading...
Rudal Pembunuh Kapal Induk China Bikin Ciut Nyali AS
Rudal pembunuh kapal induk China bikin ciut nyali AS. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Seorang kolumnis Washington Post mengklaim rudal China yang baru mungkin dapat mencapai pulau Pasifik Guam, mempersulit pasukan Amerika Serikat (AS) yang berbasis di sana untuk campur tangan atas nama Taiwan.

Klaim itu didasari laporan yang diabaikan dari salah satu bocoran dokumen rahasia Pentagon.

“China dengan cepat meningkatkan kapasitasnya untuk menyerang ribuan mil dari pantainya dan mencegah intervensi Amerika Serikat,” tulis Josh Rogin, mengutip kesimpulan dari bocoran badan intelijen AS, seperti dikutip dari RT, Jumat (14/4/2023).

Dokumen yang dirujuk Rogin adalah laporan oleh Direktorat Intelijen Kepala Staf Gabungan, yang ditandai sangat rahasia dan bertanggal 28 Februari. Dokumen itu memberi pengarahan kepada para jenderal tentang uji coba rudal balistik jarak menengah hipersonik baru pada 25 Februari, yang dijuluki DF-17 (Dongfeng, 'Angin Timur') China.



Pengarahan tersebut mengatakan bahwa DF-17 memiliki kemungkinan besar untuk menembus pertahanan rudal AS dan dirancang untuk mencapai target di luar Rantai Pulau Kedua, istilah Pentagon untuk garis di Pasifik yang membentang dari Jepang ke New Guinea.

Tes tersebut melibatkan rudal yang menempuh jarak 2.100 kilometer selama 12 menit, tetapi penilaian Pentagon pada 2021 percaya DF-17 mungkin memiliki jangkauan hingga 8.000 kilometer.

Rogin mencatat rudal baru ini juga memiliki kemampuan meluncur hipersonik, menjadikannya 'pembunuh kapal induk' yang lebih baik daripada pendahulunya.

“Jika kapal-kapal Amerika dapat ditahan dan pasukan AS di Asia dapat ditargetkan sesuka hati, setiap intervensi sekutu dalam pertahanan Taiwan akan lebih sulit dan mahal,” tulis Rogin.

Kolumnis yang menggambarkan dirinya sendiri “neoliberal” dan analis politik CNN berpendapat bahwa perdamaian di Asia bergantung pada menjaga kredibilitas pencegah yang dipimpin Amerika Serikat. AS dan sekutunya, tulis Rogin, perlu mengalihkan sumber daya untuk meniadakan ancaman baru dan menopang kemampuan mereka untuk melindungi aset mereka. Namun, bagaimana tepatnya itu bisa dicapai, dia tidak mengatakannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)