alexa snippet

Jokowi Bakal Hadiri Peringatan Hari Bela Negara

Jokowi Bakal Hadiri Peringatan Hari Bela Negara
Presiden RI Joko Widodo. (SINDOphoto)
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir dalam peringatan Hari Bela Negara yang digelar di Monumen Nasional (Monas) pada Sabtu, 19 Desember 2015.

Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemhan) Letjen TNI Ediwan Prabowo mengatakan, peringatan Hari Bela Negara ini dirayakan setiap tahun sebagai wujud dari penghayatan semangat juang dan cinta Tanah Air.

Menurut Ediwan, peserta upacara merupakan masyarakat dari berbagai lapisan, lingkungan permukiman seperti karang taruna dan ormas.

Selain itu, ada pula peserta dari kalangan pendidikan yang meliputi, siswa SD, SMP, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), kalangan swasta, dan TNI.

"Pada upacara nanti, Jokowi akan hadir. Selain di Jakarta, peringatan juga akan dirayakan di daerah-daerah seperti Depok, Tangerang, dan sebagainya," ujarnya di Kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Berbeda dengan peringatan tahun-pada tahun sebelumnya, kata dia, pada peringatan kali ini seluruh kader pembina bela negara akan ikut serta mengikuti upacara.

"Secara umum tidak ada bedanya. Hanya yang membedakan, peringatan kali ini kita menunjukkan adanya kader yang sudah dididik program bela negara," katanya.

Ediwan menyebutkan, ada lima sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini yakni cinta kepada Tanah Air, rela berkorban untuk nusa dan bangsa, yakin akan kebenaran ideologi Pancasila, sadar berbangsa dan bernegara, serta memiliki kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik.

Terkait dengan persembahan lagu dari para musisi rock yang tergabung dalam Indonesia Kita (I.Ki) terhadap program bela negara, Ediwan mengaku, Kemhan sangat mengapresiasi peran para seniman dalam menjabarkan visi dan misi program bela negara.

"Kami sangat terharu mendapat sambutan sangat luar biasa. Ini merupakan dukungan moril dari para seniman musik rock dan para musisi senior. Mereka memiliki semangat yang sama bagaimana nilai-nilai bela negara tumbuh di Tanah Air kita," ucapnya.

Kemhan melihat sudah saatnya program bela negara menjadi ikon dalam pertahanan negara, khususnya dalam rangka revolusi mental. Menurut Ediwan, agar gaung bela negara semakin dikenal masyarakat pihaknya terus melakukan sosialisasi melalui berbagai media, seminar, dan kunjungan.

"Ini terobosan yang baik dengan budaya musik, kita coba dengan budaya wayang, teater. Lagu berjudul 'Indonesia Kita' adalah lagu bertema bela negara dan diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk lebih cinta kepada Tanah Air," paparnya.

Musisi Rock Renny Djajoesman menuturkan, persembahan lagu yang dibuat oleh para rocker ini merupakan wujud rasa cinta terhadap bangsa dan negara.
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top