alexametrics

Kecepatan Kendaraan Jadi Faktor Utama Penyebab Kecelakaan

loading...
Kecepatan Kendaraan Jadi Faktor Utama Penyebab Kecelakaan
Ilustrasi (Sindonews)
A+ A-
JAKARTA - World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan kecelakaan lalu lintas adalah penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia.

Untuk menekan angka kecelakaan dibutuhkan kesadaran tinggi para pengguna jalan dalam menjaga keselamatan dirinya.

Kepala Bidang Manajememen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Komisaris Besar Polisi Unggul Sedyantoro mengimbau pengguna jalan raya berkendara dengan benar karena jalan raya untuk kepentingan umum.



"Terutama mengenai kecepatan berkendara tolong untuk disesuaikan dengan desain jalan yang ada begitu juga rambu-rambu yang ada, tolong ditaati," kata Unggul saat ditemui dalam ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) Award di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 3 Desember 2015.

Menurut dia, kecepatan kendaraan adalah faktor dominan penyebab kecelakaan. Dia mengingatkan pengendara untuk senantiasa memperhatikan laju kendaraan.

"Kalau memang pengguna memiliki kendaraan yang mampu mencapai kecepatan 150km/jam tolong ketika di jalan umum disesuaikan," ucapnya.

Untuk memperkuat argumentasinya, Unggul memaparkan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia hingga bulan November 2015.

"Bila melihat data tahun lalu jumlah kecelakaan itu tercatat mencapai 95. 906 dan yang meninggal dunia akibat kecelakaan mencapai 28.297 secara nasional. Penyumbang kecelakaan terbesar itu dari pengendara sepeda motor dan faktor kecepatan menjadi penyebab kecelakaan paling banyak, mencapai 40%," tuturnya.


PILIHAN:

Pansus DPR Nilai Tindakan Pelindo II Ilegal
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak