Rachel Maryam Ingin Presiden Gunakan Helikopter Buatan Lokal

Senin, 30 November 2015 - 15:27 WIB
Rachel Maryam Ingin Presiden Gunakan Helikopter Buatan Lokal
Rachel Maryam Ingin Presiden Gunakan Helikopter Buatan Lokal
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui TNI Angkatan Udara (AU) diminta mempertimbangkan memilih helikopter produk dalam negeri untuk helikopter kepresidenan.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi I DPR Rachel Maryam Sayidina menanggapi rencana pembelian helikopter tipe AW101 buatan AgustaWestland buatan perusahaan Italia dan Inggris.

Pemerintah berencana membeli pesawat helikopter tersebut untuk menggantikan Super Puma, helikopter kepresidenan saat ini.

Menurut Rachel, sebaiknya pemerintah mempertimbangkan menggunakan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

"Saya menyarankan agar pemerintah bisa bersikap lebih bijaksana dengan membeli produk helikopter dalam negeri saja daripada membeli AW101," ujar Rachel kepada Sindonews, Senin (30/11/2015).

Dia menjelaskan, langkahnya itu sejalan dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan yang mengamanatkan untuk memprioritaskan penggunaan industri pertahanan dalam negeri.

Apalagi, kata Rachel, PTDI sudah memberi sinyal bahwa mereka mampu untuk membuat helikopter yang spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan AW101.

"Tidak ada alasan lain untuk tidak menggunakan helikopter buatan PTDI," ujar anggota Fraksi Partai Gerindra ini.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan berpendapat, tingkat keselamatan helikopter Agusta Westland AW101 paling terbaik.

Luhut menjelaskan, pertimbangan TNI AU memilih helikopter AW101 itu karena aspek keamanannya.

"Saya sudah cek kepada ahlinya, memang Agusta itu tingkat keselamatan untuk VVIP (very very important person) adalah yang terbaik," katanya, beberapa waktu lalu.


PILIHAN:

Ini Alasan Surya Paloh Absen di Pengadilan Tipikor

Reaksi Menko Polhukam Soal Polemik Capim KPK
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4003 seconds (0.1#10.140)