alexa snippet

PAN Ingatkan Satgas Netralitas PNS Tak Sekadar Formalitas

PAN Ingatkan Satgas Netralitas PNS Tak Sekadar Formalitas
Ilustrasi (istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) berharap pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak bukan sekadar formalitas.

Ketua DPP PAN Azis Subekti ‎mengatakan, hari pencoblosan pilkada serentak pada 9 Desember 2015 sudah kian mendekat.

"Diperlukan kerja yang sistematis dan all out untuk menunjukkan bahwa Satgas Netralitas ASN yang dibentuk bukan formalitas, itu tidak mudah," ujar Azis dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Jumat (6/11/2015).

Karena, lanjut dia, mengkoordinasikan lintas instansi sebagai tim dalam Satgas membutuhkan kepiawaian dan pengalaman lapangan.

"Kami yakin Menko Polhukam tidak main-main sebagai nahkoda," tuturnya.

Dia menyampaikan,‎ sikap ASN atau PNS yang berpihak biasanya subur di daerah, dimana ada calon petahana atau calon dari keluarga atau partai pengusungnya sama dengan petahana.

Dia berpendapat, hal itu harus diwaspadai dan mendapat perhatian khusus. "Kami berharap Satgas segera bekerja secara pro-aktif, pencegahan jauh lebih penting," ucapnya.

Dia menambahkan, publikasi pesan dan ancaman bagi ASN atau PNS yang tidak netral akan meningkatkan partisipasi warga untuk ikut mengawasi.

Kendati demikian, menurut dia, langkah pemerintah membentuk Satgas Netralitas PNS pada pilkada serentak itu patut diapresiasi.

Menurut dia, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk kelancaran dan menjaga kualitas berdemokrasi dalam pilkada.

"Kita semua merasakan denyut aktifitas kampanye, konsolidasi dan pertarungan Pilkada yang memenuhi ruang publik penuh dengan dinamika kadang membuat kita miris," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, saat ini ‎masih terdengar dan terlihat cara-cara tidak beradab dilakukan oleh tim pemenangan calon kepala daerah.

Apalagi bila kekisruhan tersebut ditengarai dibekingi atau disokong oleh para PNS atau ASN yang mestinya netral.
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top