Replika Michelangelo dari 87.000 Tusuk Gigi

Rabu, 16 September 2015 - 10:25 WIB
Replika Michelangelo dari 87.000 Tusuk Gigi
Replika Michelangelo dari 87.000 Tusuk Gigi
A A A
Kreativitas manusia dapat menghasilkan karya seni indah di luar dugaan. Tusuk gigi pun bisa menjadi karya luar biasa. Sebut saja karya Michelangelo berupa patung kepala David.

Patung David aslinya terbuat dari marmer seberat 6 ton dan dianggap sebagai salah satu karya seni paling mengesankan di muka bumi. Kini seorang pria berupaya menciptakan kembali kepala David yang tersohor itu, hanya menggunakan tusuk gigi yang terbuat dari kayu. Tang Jialu, 68, menggunakan 87.000 tusuk gigi untuk melahirkan karyanya yang dipamerkan dalam ajang seni di distrik Hechuan, Chongqing, China bagian barat daya pada 7 September lalu.

Dengan dibantu seorang temannya, Jialu menghabiskan waktu dua setengah bulan untuk membuat karya seni tiga dimensi tersebut. Saat pameran, karya seninya menarik banyak perhatian. Dalam acara itu, dia juga memamerkan karyanya yang lain. Sejak dua tahun lalu dia tertarik mengembangkan kreativitasnya dengan bahanbahan yang dapat diperoleh di sekitarnya.

Jialu pun mengeksplorasi berbagai bahan yang mungkin dapat menghasilkan lukisan atau karya seni, tanpa harus memakai cat minyak yang harganya cukup mahal. Dia sudah dikenal berkat karya seni menggunakan bahan- bahan sederhana seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kuku, korek telinga, tombol keyboard komputer, dan lainnya.

Dengan bahan-bahan tersebut, dia menciptakan kembali mahakarya dunia dalam versi uniknya. ”The Iron Great Wall” merupakan salah satu lukisan Jialu yang dianggap paling menakjubkan. Dia menciptakan lukisan itu dari ribuan kuku.

Memang ini bukan kali pertama kalinya patung David dibuat replikanya. Sebelumnya patung ukuran sesuai aslinya diletakkan di gerbang masuk balai Kota Pallazo Vecchio, di Kota Florence, Italia.

Arvin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8916 seconds (0.1#10.140)