Pendaftaran SNMPTN Tak Gratis Lagi

Sabtu, 12 September 2015 - 01:07 WIB
Pendaftaran SNMPTN Tak Gratis Lagi
Pendaftaran SNMPTN Tak Gratis Lagi
A A A
JAKARTA - Pemerintah menarik subsidi biaya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Tahun depan, para peserta dari jalur nasional ini diwajibkan membayar biaya pendaftaran SNMPTN.

Sekjen Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Ainun Naim mengatakan, selama ini calon mahasiswa digratiskan ketika mendaftar SNMPTN karena pemerintah menggelontorkan subdisi hingga Rp200 miliar. Namun untuk tahun depan subsidi tersebut ditiadakan sehingga SNMPTN akan sama seperti Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) yang dipungut biaya pendaftaran.

"Untuk tahun depan tidak ada lagi kucuran dana untuk panitia SNMPTN sebesar Rp200 miliar," katanya kepada wartawan, Jumat (11/9/2015).

Penurunan anggaran itu terkait anggaran Kemenristek Dikti yang mengalami penurunan. Tahun depan anggaran yang diterima kementerian Rp37,9 triliun turun jauh dari Rp41 triliun yang diterima tahun ini.

Dari total anggaran yang Rp37,9 triliun itu tidak semuanya untuk urusan pendidikan tinggi. Tetapi Rp965,8 miliar di antaranya adalah untuk anggaran bidang riset dan teknologi di luar kampus.

Dengan penurunan anggaran itu, Ainun mengatakan, ada sejumlah kebijakan yang bakal dikoreksi. Di antaranya pembebasan biaya pendaftaran SNMPTN.

Dampak lain pengurangan anggaran Kemenristek Dikti adalah kuota penerima bantuan pendidikan mahasiswa miskin berprestasi (Bidik Misi) tidak mengalami penambahan.

Ainun mengatakan, tahun depan kuota mahasiswa baru penerima bidik misi tetap diangka 60.000 orang. Jumlah ini hanya menggantikan penerima bidik misi angkatan sebelumnya yang sudah lulus tahun depan.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4143 seconds (0.1#10.140)