Buwas yang Buas Terhadap Korupsi

Rabu, 02 September 2015 - 19:57 WIB
Buwas yang Buas Terhadap Korupsi
Buwas yang Buas Terhadap Korupsi
A A A
MESKIPUN pencopotan Buwas sebagai Kabareskrim disanggah Mabes Polri, namun isu tersebut tentu tidak bisa dianggap sepi.

Sepanjang pengamatan saya, justru Buwas salah satu pimpinan di institusi kepolisian yang getol mengungkap kasus-kasus korupsi. Jadi cukup mengejutkan jika ada pihak-pihak yang menghembuskan pencopotan Buwas sebagai Kabareskrim.

Atau isu tersebut memang sengaja dihembuskan untuk membentuk opini publik terhadap Buwas oleh orang-orang yang terganggu dengan sikap tegas Buwas terhadap korupsi.

Adalah hal yang menggelikan jika kemudian dikembangkan isu bahwa Buwas harus diganti karena dianggap mengganggu stabilitas ekonomi. Apa hubungannya tindakan Buwas mengungkap kasus-kasus korupsi dengan ketidakstabilan ekonomi yang sedang terjadi sekarang.

Jika alasan itu benar, mungkin tidak ada salahnya kita mendengarkan tuntutan buruh pada aksi kemarin, 1 September 2015, yang lebih terang menjelaskan apa yang mengganggu stabilitas ekonomi negara dan menciptakan ketidakpastian ekonomi bagi rakyat.

Atau jangan-jangan isu pencopotan Buwas memang dikembangkan oleh segelintir orang dan kelompoknya yang merasa stabilitas ekonominya terganggu karena sepak terjang Buwas yang "buas" mengungkap kasus korupsi, termasuk yang terjadi di BUMN, PT Pelindo II.

Saya berharap Presiden mendukung kepolisian untuk lebih agresif dalam pemberantasan korupsi, tidak mudah terpengaruh dan lebih arif dalam memutuskan.

Semoga saja isu pencopotan Buwas hanya sekedar isu dan bukan untuk alihkan opini dari tuntutan buruh dan pekerja Indonesia. Salam juang.

RIEKE DIAH PITALOKA

Politikus PDI Perjuangan
Komisi IX DPR RI
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7561 seconds (0.1#10.140)