alexametrics

Anak Jenius Indonesia yang Kuliah di Usia Belia

loading...
Anak Jenius Indonesia yang Kuliah di Usia Belia
grafis KORAN SINDO
A+ A-
Tingkat kecerdasan seseorang memang tidak bisa diwariskan meski bakat-bakat kejeniusan sudah bisa terlihat sejak belia. Banyak remaja Indonesia yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata sehingga di saat anak-anak seusianya masih bergelut di bangku SMP-SMA, sejumlah remaja di Tanah Air ini justru sudah akrab di bangku kuliah.

Rinaldi Wilopo (15 tahun)
Usianya baru 15 tahun, 1 bulan, dan 8 hari. Jika pada umumnya remaja berusia 15 tahun baru masuk ke jenjang SMA, Rinaldi sudah duduk di bangku kuliah. Dia kini tercatat sebagai mahasiswa di Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran, Bandung. Universitas Padjadjaran, Bandung.

Aldo Meola Geraldino (14 Tahun)
Aldo berhasil diterima di Fakultas Kedokteran UGM dalam usia 14 tahun 8 bulan dan tercatat sebagai mahasiswa termuda UGM angkatan 2015. Aldo mengikuti program akselerasi saat mengenyam pendidikan di SD, SMP, dan SMA.



Aditya Dharma Putra (14 tahun)
Pada tahun ajaran 2011/2012, Aditya menjadi mahasiswa termuda di antara 10.248 mahasiswa baru. Aditya adalah mahasiswa baru Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik dan baru berusia 14 tahun 11 bulan 27hari.

Arya Bagus Kevin (14 Tahun)
Saat diterima sebagai mahasiswa baru UGM tahun akademik 2014/2015, Arya tercatat sebagai mahasiswa baru termuda dengan usia 14 tahun,6 bulan 9 hari. Arya diterima di Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik UGM.

Alvinasari Tryasdini Arifin (14 tahun)
Alvinasari menyandang status mahasiswa baru (maba) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada usia 14 tahun 11 bulan 21 hari dan dinyatakan sebagai mahasiswa termuda jurusan Psikologi angkatan 2013 di UGM.

Diyah Utami Kusumaning Putri (14 tahun)
Diyah Utami Kusumaning Putri tercatat sebagai mahasiswa termuda UGM Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) tahun akademik 2012/2013. Diyah menjadi mahasiswa FMIPA UGM pada usia 14 tahun 10 bulan 13 hari.

March Boedihardjo (9 Tahun)
Mahasiswa termuda di Universitas Baptist Hong Kong berumur 9 tahun dari Indonesia. March Boedihardjo, satu dari banyak anak berprestasi Indonesia keturunan Tionghoa lahir pada tahun 1998 di Hongkong. March Boediharjo dan keluarganya adalah orang Indonesia yang bermukim di Hongkong

ANAK CERDAS INDONESIA DAN KARYANYA

1. Hibar Syahrul Gafur (Pelajar SMPN 1 Bogor, Jabar)
Menciptakan sepatu anti tindakan asusila yang dirancang khusus melindungi wanita dari tindak kejahatan asusila. Karya ini mampu meraih mendali emas dalam salah satu lomba di Malaysia.

2. Muhammad Luthfi Nurfakhri (pelajar SMAN 1 Bogor, Jabar)
Menciptakan alat pendeteksi warna daun . Hasil karyanya ini mampu meraih peringkat ke tiga di seluruh dunia dalam salah satu lomba di Amerika Serikat.

3. Nurul Inayah dan nando Novia (pelajar SMAN 10 Malang, Jatim)
Menciptakan energi alternatif dari urine manusia. Energi alternatif dari urine manusia ini mampu meraih mendali emas di ajang International.

4. Miftah Yama Fauzan (pelajar SMA 1 Sidoarjo, Jatim)
Menciptakan senjata elektronik tanpa suara . Dengan hasil karyanya ini Miftah meraih juara 1 dalam sebuah lomba di Bali dan menyisihkan 34 peserta dari seluruh dunia.

5. Linus Nara Pradhana (Siswa SMP Kristen Petra 5 Surabaya)
Menciptakan helm berpendingin. Dengan hasil karyanya ini Pradana mampu meraih mendali emas dalam salah satu lomba internasional di Thailand

6. Hania Pracika Rosmansyah (Pelajar SMP dan SD di Bandung, Jabar)
Menciptakan sebuah aplikasi game untuk ponsel . Melalui karyanya itu keduanya mampu menyabet juara di lomba pembuatan ”software” Asia Pacific Information and Communication Technology Award (APICTA) International 2010 di Kuala Lumpur, Malaysia

7. Dwi Nailul Izzah dan Rintya Miki Aprianti (siswi SMA Muhammadiyah 1 Babat, Lamongan, Jawa Timur)
Menciptakan pengharum ruangan dari limbah kotoran sapi. Melalui karaynya ini keduanya berhasil meraih juara pertama tingkat nasional pada ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) pada 26-28 Februari 2013.

FAKTA OTAK MANUSIA

1. Otak terbesar makhluk hidup di dunia adalah otak manusia
Otak manusia memiliki berat rata-rata 1,361 kg

2. Air adalah komposisi terbesar pembentuk otak
Otak terdiri dari 75-80% cairan. Otak pada umumnya berbentuk seperti jelly yang licin.

3. Organ otak tak dapat merasakan sakit
Walaupun otak merupakan pusat rasa sakit namun organ otak tidak memiliki reseptor rasa sakit seperti organ yang lain

4. Otak menjadi lebih aktif justru saat tidur
Ketika fungsi organ yang lain pada saat tidur atau dalam kondisi REM (Rapid Eye Movement), fungsi otak akan lebih hidup dan aktif dengan sendirinya

5. Jumlah sel Neuron di otak = jumlah bintang di galaksi
Di dalam otak terdapat 100.000.000.000 (100 miliar) sel neuron. Jumlah ini kurang lebih hampir sama dengan jumlah seluruh bintang di Galaksi.

6. Memori kecepatan komputer tercanggih tak dapat kalahkan kecepatan otak impuls saraf dari otak untuk dapat sampai ke seluruh jaringan tubuh secepat 170 mil/jam. Lebih cepat dari memori computer canggih

7. Harddisk kapasitas terbesar di dunia ada dalam otak

8. Semakin tinggi IQ, semakin banyak bermimpi
Orang yang sangat pintar atau ber-IQ tinggi akan mengalami mimpi lebih banyak dari orang pada umumnya.

9. Ketika manusia mati, otak masih dapat hidup selama 5 menit
Otak manusia mampu bertahan tanpa oksigen kurang lebih antara 4-6 menit. Ketika manusia mati, otak masih dapat bertahan hidup kurang lebih selama 5 menit tanpa asupan oksigen, kemudian sel-sel otak perlahan-lahan akan mati

10. Otak rasional Mars dan otak emosional Venus
Otak terbagi menjadi dua sisi, kiri dan kanan. Para pria atau kaum Mars cenderung memakai otak kiri yang rasional dan matematis. Sedangkan wanita atau kaum Venus memiliki kecenderungan memakai otak kanan yang lebih emosional dalam memproses informasi.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECERDASAN OTAK

Faktor keturunan
Faktor keturunan (genetic) mempunyai pengaruh sangat besar bagi kecerdasan anak karena kecerdasan itu diturunkan melalui gen-gen dalam kromosom. Misalnya, bila orang tuanya cerdas, biasanya si anak kelak juga cerdas.

Faktor gizi
Faktor gizi juga sangat berpengaruh bagi kecerdasan anak. Gizi yang baik sangat berperan dalam pertumbuhan sel-sel otak, terutama pada saat ibu hamil, menyusul dan saat masih kecil. Kekurangan gizi pada saat tersebut bisa berakibat berkurangnya jumlah sel otak dari normal. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi daya kerja otak di kemudian hari.

Faktor lingkungan
Lingkungan yang baik adalah lingkungan kondusif dan mendukung kebutuhan mental bagi anak. Yang dimaksud dengan kebutuhan mental adalah kebutuhan akan kasih sayang, rasa aman, pengertian, perhatian, penghargaan, dan rangsangan intelektual.

BOCAH JENIUS SE-JAGAT

Esther Okade
Bocah berusia 10 tahun ini telah terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Terbuka di Inggris. Esther berasal dari Walsall, sebuah kota industri di Inggris

Kim Ung Yong
Kim Ung Yong yang lahir pada tahun 1962 berhasil memecahkan rekor dunia dengan IQ-nya mencapai 210. Saat berusia 3-6 tahun, dia menjadi mahasiswa tamu di jurusan Fisika Universitas Hanyang Korea Selatan.

Akrit Jaswal
Akrit Jaswal adalah anak dari desa terpencil di kaki pegunungan Himalaya, India. Pada usia enam tahun, Akrit dapat mengajar bahasa Inggris dan matematika, dan ketika berusia tujuh tahun, ia melakukan operasi pada luka bakar korban muda.

Gregory Smith
Gregory sudah menunjukkan kepintarannya sejak berusia 14 bulan dengan mampu mengingat isi sebuah buku. Dia kemudian berhasil masuk University of Virginia di usianya yang baru 10 tahun.

Colin Carslon
Saat berusia 4 tahun, dia telah melahap buku-buku ensiklopedia. Colin kemudian diterima menjadi mahasiswa jurusan ekologi dan biologi University of Connecticut dan berhasil lulus dengan IPK 3,9.

Michael Kearney
Ditolak dimana-mana karena kemampuannya di atas rata-rata, akhirnya orangtua Kearney langsung mendaftarkannya di universitas. Kearney diterima menjadi mahasiswa jurusan Antropologi University of South Alabama saat berumur 8 tahun dan berhasil lulus 3 tahun kemudian.

Tanishq Abraham
Tanishq merupakan anak keturunan India yang sudah bergabung dengan Mensa (organisasi orang ber-IQ tinggi) sejak berumur 4 tahun. Tanishq diterima di American River College jurusan Geologi dan Astronomi di usia 7 tahun dan berhasil lulus dengan IPK sempurna.

Sho Yano
Sho Yano kuliah di perguruan tinggi di usia 9 tahun. Yano adalah orang termuda yang mendapatkan MD di University of Chicago. Yano telah menerima gelar Ph.D. dalam genetika molekuler dan biologi sel dari universitas Pritzker School of Medicine
(ftr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak