alexametrics

Setelah Dicopot, Mereka Tak Diundang Acara Pelantikan

loading...
Setelah Dicopot, Mereka Tak Diundang Acara Pelantikan
Situasi pelantikan menteri Kabinet Kerja, (Foto: Rico Afrido Simanjuntak/SINDOnews).
A+ A-
JAKARTA - Sejumlah jajaran kabinet yang dicopot dalam reshuffle kabinet kerja, tidak menghadiri pelantikan enam tokoh yang menggantikan mereka di Istana Negara, Jakarta.

Mereka yang tak hadir adalah mantan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, mantan Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo.

Kemudian mantan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel dan mantan Menko bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdijatno.



Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Darmansyah Djumala mengatakan, memang mereka yang telah dicopot dari jabatannya tidak diundang dalam acara pelantikan hari ini.

"Memang kita enggak undang, memang begitu," ujar Djumala di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Sekadar diketahui Jokowi telah melantik tujuh tokoh di Istana Negara, siang ini. Ada dua Keputusan Presiden (Keppres) yang dikeluarkan dalam pelantikan tersebut.

Kedua Keppres itu yakni, Keppres Nomor 79/P Tahun 2015 tentang penggantian beberapa menteri Kabinet Kerja sisa masa jabatan 2014-2019.

Keppres itu memberhentikan Tedjo Edhy Purdijatno dari jabatan Menko Polhukam, Sofyan Djalil dari jabatan Menko Perekonomian, Indroyono Soesilo dari jabatan Menko Kemaritiman, Rachmat Gobel dari jabatan Mendag dan Andrinof Chaniago.

Keppres itu sekaligus mengangkat Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan menjadi Menko Polhukam, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian, Rizal Ramli sebagai Menko Maritim, Thomas Lembong sebagai Mendag dan Sofyan Djalil sebagai Kepala Bappenas.

Keppres yang kedua adalah Keppres Nomor 80/P Tahun 2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Sekretaris Kabinet (Seskab). Keppres itu memberhentikan Andi Widjajanto sekaligus mengangkat Pramono Anung sebagai Seskab.

Pilihan:

Kekuatan Marinir Indonesia Masuk Tiga Besar di Dunia

Jokowi Lantik 6 Menteri dengan 2 Keppres
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak