DPR Desak Pemerintah Bantu Kampus Swasta Terdampak Corona

Selasa, 28 April 2020 - 16:34 WIB
loading...
DPR Desak Pemerintah Bantu Kampus Swasta Terdampak Corona
Syaiful Huda meminta pemerintah segera merumuskan skema pemberian bantuan dana pendidikan bagi manajemen PTS terdampak Covid-19. Foto/SINDOnews/Abdul Rochim
A A A
JAKARTA - Penyebaran virus Corona (Covid-19) berdampak besar terhadap dunia pendidikan di Tanah Air. Salah satunya, ancaman terhadap keberlanjutan pengelolaan beberapa perguruan tinggi swasta (PTS).

Pemerintah diminta segera merumuskan skema pemberian bantuan dana pendidikan bagi manajemen PTS terdampak Covid-19. “Kami meminta segera mendata PTS-PTS yang terancam keberlanjutannya karena terdampak Covid-19 dan merumuskan skema bantuan untuk mereka sehingga PTS-PTS tersebut tetap bisa memberikan layanan Pendidikan ke peserta didik,” tutur Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, Selasa (28/4/2020).

Dia menjelaskan, penyebaran Covid-19 memberikan efek domino bagi pengelolaan PTS di Indonesia. Pertama, Covid-19 memaksa lembaga-lembaga pendidikan termasuk PTS untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring atau online.

Kondisi ini membuat PTS harus menyediakan berbagai perangkat pembelajaran online seperti bandwidth internet dalam jumlah besar, e-book, video, hingga aplikasi diskusi online berbayar.

“Berbagai perangkat belajar jarak jauh ini membutuhkan biaya tidak sedikit sehingga manajemen PTS terpaksa mengeluarkan biaya ekstra untuk penyelenggaraanya. Apalagi PTS-PTS di daerah-daerah yang selama ini mengandalkan kuliah tatap muka dalam menyampaikan materi pembelajarannya,” tuturnya.( )

Dampak kedua, kata Huda, keterlambatan pembayaran biaya kuliah oleh para mahasiswa PTS. Kondisi ini terjadi karena Covid-19 banyak memberikan pukulan di bidang ekonomi sehingga banyak orang tua mahasiswa yang kesulitan mengalokasikan anggaran untuk biaya kuliah anak mereka.

Padahal, lanjut dia, selama ini sumber pemasukan utama dari PTS adalah dari biaya kuliah para mahasiswanya.

”Keterlambatan pembayaran dari mahasiswa akan memberikan dampak lanjutan seperti keterlambatan gaji dosen dan karyawan hingga minimnya dana kegiatan akademik lainnya,” tutur politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Dia juga mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merumuskan skema bantuan untuk PTS-PTS yang mengalami kesulitan finansial selama wabah Covid-19.

Selama ini pemerintah mempunyai program bantuan bagi PTS melalui skema Program Pembinaan-Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2945 seconds (0.1#10.140)